Apa Motivasinya?

Bookmark this
January 28, 2020 By Esther Idayanti

Anak saya yang paling kecil ingin les mandarin, soalnya kalau ia rajin datang dan nilainya bagus, ia bisa dapat kupon yang bisa ditukarkan dengan alat tulis atau mainan. Ada juga orang yang les di tempat yang sama, tetapi motivasinya untuk mempersiapkan diri belajar di Beijing. Sama-sama belajar, motivasi yang berbeda memberi hasil dan ketangguhan yang berbeda juga. Apa motivasi kita dalam hidup ini?

Apa yang memotivasi seseorang untuk kerja? Kalau uang menjadi motivasinya, bila tidak memuaskan lagi, maka ia akan pindah mengikuti tawaran tertinggi. Lalu ia bekerja sebesar gajinya, dan tidak akan memberikan lebih dari itu. Kalau ia kerja karena lingkungan atau atasan yang menyenangkan, begitu ganti atasan, maka ia ogah-ogahan.

Apa yang memotivasi seseorang untuk menikah? Kalau ia menikah karena ingin bahagia, begitu tidak bahagia maka ia akan meninggalkan pernikahan tsb. Kalau ia menikah karena ingin punya anak, lalu tidak punya anak maka ia menikah lagi dengan yang lain. Kalau ia menikah supaya mendapat nafkah, lalu ternyata ada musibah, maka ia mencari yang bisa menafkahi.

Apa yang memotivasi seseorang untuk berbuat baik? Kalau karena ingin diakui orang lain, begitu tidak ada yang melihat, ia tidak lagi berbuat baik. Kalau ia ingin merasa senang, begitu kebaikan dibalas dibalas kejahatan, maka ia berhenti.

Sebenarnya apa yang membuat seseorang bisa bertahan? Motivasi yang paling kuat adalah bila seseorang melakukan segalanya untuk kepentingan Tuhan. Kita bekerja untuk Dia, menjadi mitra-Nya di dunia. Dalam pernikahan, kita ingin menyenangkan hati-Nya. Kita berbuat baik, karena ingin membalas kasih-Nya. Motivasi yang salah adalah untuk kepentingan diri sendiri. (Esther Idayanti)

APAPUN YANG ANDA PERBUAT, LAKUKAN YANG TERBAIK UNTUK TUAN YANG SEBENARNYA, YAITU TUHAN.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.