Artificial Intelligence

Bookmark this
January 28, 2020 By Esther Idayanti

Pakar teologi Katolik Ilia Delio berkata bahwa robot dengan artificial intelligence dapat menggantikan posisi imam atau bekerja bersama manusia dalam upacara agama. Menurutnya, robot menguntungkan, karena bukan wanita dan bukan pria, serta tidak akan melakukan pelecehan. Di Jepang, robot sudah digunakan untuk membacakan ayat-ayat dalam upacara penguburan dalam agama Budha karena biayanya lebih murah. Bahkan di biara Longquan di Cina, biarawan “android” bernama Xian sudah digunakan untuk membacakan doa-doa dan memberikan bimbingan rohani.

Memang enak kalau ada robot yang bisa mendoakan saya. Robot tidak pernah bosan dan capek, bisa diprogram untuk berdoa 24 jam dengan topik yang saya minta. Lebih enak lagi, kalau ada jaminan bahwa doa-doa robot itu didengar dan saya yang menikmati hasilnya. Tapi saya khawatir, jangan-jangan nanti dia yang masuk surga, bukan saya!

Saya pikir, kalau Tuhan memang menuntut doa, mungkin dari dulu Dia ciptakan robot karena lebih konsisten dari manusia yang seringkali malas berdoa dan lupa pada-Nya. Apalagi robot selalu nurut bila diprogram, tidak pernah berontak dan berdosa seperti manusia. Tetapi saya rasa Tuhan tidak membutuhkan doa, Dia menginginkan hati dan hubungan kasih dengan kita.

Doa adalah sebuah percakapan antara dua sahabat, bukan sebuah rumus untuk mendapatkan apa yang kita minta dan resep masuk surga. Doa adalah komunikasi yang jujur dari hati, mengungkapkan semua kegelisahan, kebahagiaan, ketakutan, kekesalan, keinginan dan menyerahkannya ke tangan yang lebih berkuasa. Kadang doa adalah duduk diam dan merasakan “Sahabat” itu ada bersama kita. Robot memang bisa berdoa tanpa salah, tapi ia tidak bisa berdoa dari hati. (Esther Idayanti)

DOA – KONEKSI TANPA KABEL YANG PALING HEBAT DI DUNIA.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.