Bagaimana Memperlakukan Pasangan Kita

Bookmark this
May 15, 2020 By Esther Idayanti, M.A.

Johnny Lingo tinggal di Pasifik Selatan, seorang ydang cukup terpandang di komunitasnya karena ia kuat, tampan dan pandai. Tetapi saat ia mencari isteri, orang terheran-heran, seolah tidak percaya. Isteri pilihan Johnny adalah seorang yang sangat biasa, kurus, berjalan dengan bahu sedikit bungkuk dan kepala tertunduk. Ia sangat pemalu dan ragu-ragu. Usianya juga sudah di atas usia menikah untuk seorang gadis. Jadi sebenarnya ia tidak terlalu “berharga.”

Tetapi Johnny mencintainya, dan yang mengejutkan adalah mas kawin yang diberikan Johnny untuk mendapatkan isterinya. Adat setempat mengatakan untuk meminang seorang gadis, sang jejaka harus menyerahkan sapi. Biasanya 4–6 sapi dianggap cukup mahal. Rekan-rekannya berpikir mungkin Johnny cukup memberi 2 atau maksimum 3 sapi untuk gadis itu. Tetapi Johnny meminangnya dengan 8 sapi! Orang kampung itu berpikir Johnny telah membuat keputusan yang keliru.

Beberapa bulan setelah pernikahan, seorang tamu datang ke pulau itu untuk berdagang. Ia mendengar kisah Johnny Lingo dan ingin melihat isterinya. Tamu ini terkejut, ternyata isteri Johnny tidak seperti apa yang dibicarakan orang. Ia bukan wanita yang biasa, pemalu dan ragu, melainkan seorang perempuan yang cantik, penuh percaya diri dan anggun.

Tamu ini bertanya tentang perubahan yang terjadi, dan jawaban Johnny sederhana, “Aku menginginkan wanita yang berharga 8 sapi, dan ketika aku bayarkan sebesar itu untuknya serta memperlakukan ia seperti perempuan yang sangat berharga, ia mulai percaya bahwa ia adalah perempuan yang berharga 8 sapi. Ia kini yakin bahwa ia jauh lebih berharga daripada semua perempuan di pulau ini. Yang terpenting adalah bagaimana seorang perempuan berpikir tentang dirinya sendiri.” Sebuah pertanyaan perenungan bagi kita, “Bagaimana kita memperlakukan pasangan kita?“ (Esther Idayanti)

KACA DAN TIMBANGAN ADALAH SUMBER PERCAYA DIRI YANG SALAH. UKURAN YANG SEBENARNYA ADALAH KEKUATAN, SENYUMAN, DAN PENDAPAT TUHAN TENTANG ANDA



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.