Baik atau Tuhan

Bookmark this
February 18, 2019 By Ps John Bevere

Hari ini saya akan berbicara mengenai mentalitas yang kita punya dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah mulai masuk ke gereja, dan ketika kita mengidentifikasikan sesuatu sebagai sesuatu yang baik, biasanya kita akan secara tidak sadar mengartikan itu datang daripada Tuhan. 

Dengan kata lain kita menyamartikan “Baik” dengan Tuhan, Bukanlah kita semua lahir dengan kemampuan untuk membedakan sesuatu yang baik dan jahat?

Opening Verse – “Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.” ‭‭Ibrani‬ ‭5:14‬ ‭TB‬‬

Tetapi jika hal ini begitu nyata terlihat, mengapa Ayat diatas begitu mengingatkan kita untuk mempunyai kemampuan untuk bisa membedakan mana yang baik dan jahat. Mengapa juga Raja Salomo dalam awal pemerintahan-nya berseru kepada Tuhan agar diberikan hati yang mampu untuk membedakan mana yang baik dan jahat. 

Dalam konteks kisah ini, Raja Salomo, saat itu seorang raja muda dan baru saja berkuasa, dan Tuhan menawarkan dirinya apa saja untuk diberikan kepadanya, dan Raja Salomo tetap memilih untuk mempunyai hati yang membedakan mana yang baik dan jahat.

Cerita ini membuat saya mengambil kesimpulan bahwa yang baik juga belum tentu sejelas itu, Yesus juga berkata kepada Petrus bahwa dia melihat segala sesuatu dari sudut pandang manusia dan bukan sudut pandangNya. Dia berkata bahwa yang baik hanya datang dari Allah.

Supporting Verse – “Jawab Yesus: “Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorang pun yang baik selain dari pada Allah saja.” ‭‭Markus‬ ‭10:18‬ ‭TB‬‬

Bapa di surga juga punya referensi yang baik, dan referensi ini tidak selalu sama dengan referensi yang baik menurut diri kita. Segala sesuatu yang baik punya acuan.

Sharing Ps. John – Saya begitu diingatkan akan hal ini pada saat saya ada di swedia untuk melayani ribuan pemimpin gereja disana. Saya sedang berdoa di kamar hotel saya, dan saya menganggap bahwa ada beberapa situasi di kota tersebut yang menurut saya merupakan hal yang baik, tetapi Roh Kudus tiba-tiba menyatakan diriNya dan tidak setuju akan pemikiran saya ini. 

Roh Kudus berkata : Anak-ku, Bukan bagian sisi buruknya dari pohon yang ada di taman itu yang menarik perhatian hawa, justru sisi baik dari pohon itu yang menarik perhatian Hawa untuk kemudian melanggar perintah Tuhan. Saya langsung segera membuka Alkitab saya untuk mempelajari hal ini lebih lanjut.

Supporting Verse – “Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.” ‭‭Kejadian‬ ‭3:6‬ ‭TB‬‬

Ada hal-hal yang baik yang bisa membuat orang menjauh dari Tuhan. Saya tadinya berpikir mana mungkin orang percaya bisa disesatkan, bukan hanya pesta narkoba dan seksual yang bisa menyesatkan orang percaya, melainkan kejahatan yang bertopeng kebaikan yang bisa menyesatkan orang percaya.

Supporting Verse – “Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.” ‭‭Amsal‬ ‭14:12‬ ‭TB‬‬

Ada hikmat yang kelihatan baik, menguntungkan, membawa kebaikan, bisa diterima dan bagus di manusia, tetapi akhirnya itu bisa menuntun kita dalam maut.

Setelah kejadian di swedia itu, saya duduk membaca Alkitab, Rasul Paulus menulis kepada jemaat Tuhan dan orang percaya di korintus, saya ingat benar bahwa disaat membaca kejadian ini, ini persis dengan ilustrasi yang Roh Kudus sampaikan kepada saya di kamar hotel di swedia. 

Supporting Verse – “Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.” ‭‭2 Korintus‬ ‭11:3‬ ‭TB‬‬

Kemudian saya mempelajari kisah hawa dan ular di taman eden lebih lanjut, dan saya pelajari bahwa Hawa tidak pernah dibohongi, tidak pernah dilecehkan, tidak pernah diperkosa dan dicuri, dan dia hidup dalam kondisi yang sempurna. 

Kondisi yang sempurna itu adalah hadiah Tuhan, Bagaimana mungkin dia bisa diperdaya oleh musuh dalam kondisi yang sempurna ini? Kalau kita bisa mempelajari dan mengerti hal ini, kita akan mengerti bagaimana musuh kita bisa memperdayai kita dalam kondisi yang tidak sempurna.

Bapa di surga menciptakan dunia dan taman eden, dan membiarkan adam untuk bebas memakan semua buah yang ada disana. Perlu diketahui bahwa ada 2500 pohon yang berbuah yang ada di dalam kehidupan kita, dan saya percaya bahwa semua pohon itu diwakili dan disediakan untuk Adam di taman eden. 

Pernahkah kita berpikir betapa baiknya Tuhan kepada kita? Nafas kita, hidup kita, berkat dan semua teman yang kita miliki saat ini adalah kebaikan Tuhan untuk kita.

Tetapi Tuhan tidak mau memaksa manusia masuk dalam hubungan yang terpaksa dengan diriNya. Maukah kita masuk di dalam hubungan pertemanan dengan orang yang kita tidak suka? Tentu tidak, begitu juga dengan Tuhan. 

Supporting Verse – “Lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.” ‭‭Kejadian‬ ‭2:16-17‬ ‭TB‬‬

Ular itu kemudian menyasar wanita (Hawa) itu, dan bukan suaminya (Adam), dan ada alasan-nya. Tentu bukan karena wanita lebih lemah, karena kita adalah pewaris tahkya yang sama. 

Tetapi alasan si ular menyasar Hawa karena Adam mendengar perintah itu langsung dari mulut Tuhan, Adam tentu mengingatkan Hawa agar tidak memakan buah dari pohon terlarang, tetapi Hawa tidak mendengarnya langsung dari Tuhan.

Jadi apa yang ular lakukan untuk menyasar Hawa? Ada 4 Fase.

Fase 1 : Mengalihkan fokus Hawa dari kemurahan hati Tuhan.

Dia mengalihkan Hawa dari kemurahan hati Tuhan yang memberikan akses terhadap 2499 buah yang ada disana untuk Adam dan Hawa. Ini juga yang musuh coba katakan kepada kita, dari semua kebaikan Tuhan dalam hidup kita, kita hanya difokuskan kepada 1-2 hal yang saat ini belum kita terima.

Supporting Verse – “Ular adalah binatang yang paling licik dari segala binatang yang dibuat oleh Tuhan Allah. Ular itu bertanya kepada perempuan itu, “Apakah Allah benar-benar melarang kalian makan buah-buahan dari segala pohon di taman ini?” ‭‭Kejadian‬ ‭3:1‬ ‭BIMK‬‬

Fase 2 : Menyangkal Firman Tuhan

Supporting Verse – “Ular itu menjawab, “Itu tidak benar; kalian tidak akan mati.” ‭‭Kejadian‬ ‭3:4‬ ‭BIMK‬‬

Berapa seringnya Iblis lakukan hal ini di dalam gereja? Suatu cerita yang sering terjadi dimana seorang pasangan pasangan Pria dan Wanita muda yang bertemu di gereja dan belum menikah, dan karena keterbatasan keuangan, mereka kemudian memutuskan untuk tinggal bersama dengan dalih agar bisa menabung lebih banyak untuk memberikan persembahan ke gereja. Pad aakhirnya, mereka berdua akan terjaduh dalam dosa. 

Tanpa mereka sadari, mereka sedang melanggar begitu banyak perintah Tuhan seperti : 

Supporting Verse – “Kalian adalah umat Allah. Sebab itu, perbuatan-perbuatan yang cabul dan yang tidak senonoh, ataupun keserakahan tidak patut ada di tengah-tengah kalian. Jangan sampai orang lain mempunyai alasan untuk mengatakan bahwa kalian berbuat hal-hal seperti itu.

Perhatikan baik-baik: orang yang berkelakuan cabul, atau tidak senonoh, atau serakah (kelakuan seperti itu sama saja dengan menyembah berhala), orang itu tidak dapat menjadi anggota umat yang diperintah oleh Kristus dan Allah.” ‭‭Ef‬ ‭5:3, 5‬ ‭BIMK‬‬

“Segala sesuatu harus diuji, dan yang baik harus diikuti. Jauhilah segala macam kejahatan.” ‭‭1 Tesalonika‬ ‭5:21-22‬ ‭BIMK‬‬

“Hendaklah pandangan kita tertuju kepada Yesus, sebab Dialah yang membangkitkan iman kita dan memeliharanya dari permulaan sampai akhir. Yesus tahan menderita di kayu salib! Ia tidak peduli bahwa mati di kayu salib itu adalah suatu hal yang memalukan. Ia hanya ingat akan kegembiraan yang akan dirasakan-Nya kemudian. Sekarang Ia duduk di sebelah kanan takhta Allah dan memerintah bersama dengan Dia.” ‭‭Ibrani‬ ‭12:2‬ ‭BIMK‬

Fase 3 : Merusak Karakter Tuhan di mata Hawa

Supporting Verse – “Allah mengatakan itu karena Dia tahu jika kalian makan buah itu, pikiran kalian akan terbuka; kalian akan menjadi seperti Allah dan mengetahui apa yang baik dan apa yang jahat.”” ‭‭Kejadian‬ ‭3:5‬ ‭BIMK‬‬

Ini adalah fase yang menakutkan, Membuat Hawa mempertanyakan Tuhan dengan seakan-akan Dia menyembunyikan sesuatu darinya. Si ular sudah berhasil mengalihkan pandangan Hawa dari 2499 pohon serta buah-nya yang merupakan kebaikan Tuhan, dan sekarang membuat Hawa fokus kan satu-satunya pohon yang dilarang dan membuat dirinya menginginkan pohon tersebut untuk kebaikan mereka berdua.

Dia mencoba untuk merusak gambaran karakter Tuhan di mata hawa, memutar karakter Tuhan dari seorang Pemberi (Giver), menjadi Seorang yang mengambil (Taker).

Fase 4 : Membuat Tuhan terlihat seakan-akan Dia tidak mau memberikan yang terbaik.

Supporting Verse – “Janganlah kalian tertipu, Saudara-saudaraku yang tercinta! Setiap pemberian yang baik dan hadiah yang sempurna datangnya dari surga, diturunkan oleh Allah, Pencipta segala terang di langit. Ialah Allah yang tidak berubah, dan tidak pula menyebabkan kegelapan apa pun.” ‭‭Yakobus‬ ‭1:16-17‬ ‭BIMK‬‬

Oleh karena itu Rasul Paulus mengatakan agar kita tidak mudah tertipu. Kebenaran-nya adalah setiap pemberian terbaik datang dari Surga.

Kalau kita memahami kebenaran ini, kita tidak akan bisa ditipu. Yakobus mengatakan bahwa jika kita mengerti kebenaran, kita tidak akan bisa ditipu. Tidak ada yang baik bagi kita semua di luar Tuhan. 

Tidak peduli bagaimana dan seberapa menguntungkan, seberapa diterima masyarakat, seberapa manisnya dia berbicara kepada anda, atau sebaliknya betapa kasarnya dia berbicara, jika itu berlawanan dengan Firman Tuhan, itu akan menarik kita ke tempat yang tidak kita inginkan.

Jadi apa acuan-nya?

Baik selalu ada acuan, dan Rasul Paulus menyatakan hal ini di salah satu kotbah terakhirnya. 

Dalam kehidupan pribadi saya, saya sering menggunakan aplikasi Siri sebagai GPS dalam perjalanan saya, dan berkali-kali dia selalu mengoreksi saya disaat saya salah mengambil jalan. 

Dia menyelamatkan saya dari beberapa jam yang mungkin akan saya habiskan jika saya salah jalan, dia membantu saya agar saya tidak menyetir ke tempat yang saya tidak inginkan, dikoreksi atau dibetulkan adalah hal yang baik. 

Kita tidak suka dikoreksi, tetapi orang yang tidak suka dikoreksi adalah orang yang bodoh. Kita harus tahu bahwa acuan kita mengenai “Apa yang Baik” adalah Firman Tuhan. 

Supporting Verse – “Semua yang tertulis dalam Alkitab, diilhami oleh Allah dan berguna untuk mengajarkan yang benar, untuk menegur dan membetulkan yang salah, dan untuk mengajar manusia supaya hidup menurut kemauan Allah.” ‭‭2 Timotius‬ ‭3:16‬ ‭BIMK‬‬

“Orang yang cinta kepada pengetahuan senang mendapat teguran; tapi orang yang tidak suka ditegur adalah orang dungu.” ‭‭Amsal‬ ‭12:1‬ ‭BIMK‬‬

Dalam 40 tahun perjalanan saya dnegan Tuhan, saya tidak pernah melihat Alkitab begitu diserang sedemikian rupa, dan bahkan diserang di dalam gereja.

Kita perlu tahu mengenai info atau fakta dari Alkitab, yaitu :

  • 66 Kitab ditulis dalam rentang waktu 1500 tahun oleh lebih dari 40 penulis, dan mereka datang di 3 benua yang berbeda. 
  • Mereka punya 3 bahasa yang berbeda-beda, dan mereka bahkan hidup dalam jaman yang berbeda, dan semua ini digabungkan dalam Buku bernama Alkitab. 
  • Sementara di Perjanjian Lama, ada 39 Kitab di perjanjian lama dan ditulis dalam rentang waktu 1100 tahun, oleh penulis-penulis yang berbeda dan hidup di generasi yang sama, dan mereka semua menulis prediksi akan kedatangan seorang mesias yang akan keluar dari mesir, lahir di Betlehem, dan akan memasuki kota Yerusalem dengan keledai dan dikhianati oleh sahabat-Nya. 
  • Dikatakan bahwa ada 300 nubuatan disini, dan 2 nubuatan terakhir ditulis 400tahun sebelum Yesus dilahirkan dan Dia kemudian menggenapi 300 nubuatan itu.

Tahukah ada seorang ilmuwan terkenal bernama Peter Stoner yang ingin tahu seberapa besar kemungkinan ini terjadi?

Peter Stoner (16 Juni 1888 – 21 Maret 1980), adalah seorang ahli probabilitas, Dia adalah Pimpinan Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam di Pasadena City College dan Westmont College.

Apa artinya Ilmu Probabilitas? Sederhana saja, jika saya punya 9 bola tenis berwarna putih dan 1 bola tenis berwarna kuning, digabung menjadi satu dan jika saya ingin berikan secara acak ke orang lain, kemungkinan orang lain untuk mendapatkan bola tenis berwarna kuning adalah 1:10. 

Dalam risetnya disini, dia melibatkan 600 peneliti lain-nya dan melakukan penelitian yang besar akan seberapa besar seseorang bisa menggenapi semua nubuatan alkitab ini, dan kemudian hasil risetnya dibaca oleh dewan ahli ilmuwan di amerika. Dr. Stoner membahas beberapa nubuatan atau prediksinya, dimulai dari :

Kristus akan dilahirkan di Kota Betlehem.

Supporting Verse – “Jadi, Tuhan akan membiarkan umat-Nya dikuasai oleh musuh-musuh mereka sampai wanita yang ditentukan untuk menjadi ibu penguasa itu telah melahirkan Dia. Sesudah itu orang-orang sebangsanya yang berada di pembuangan akan dipersatukan kembali dengan bangsa mereka.” Mikha‬ ‭5:2‬ ‭BIMK‬‬

Kristus akan diperkenalkan oleh seorang pembawa pesan.

Supporting Verse – “Ada suara yang berseru, “Siapkanlah jalan di padang gurun bagi Tuhan. Luruskanlah jalan raya di padang belantara bagi Allah kita! ‭‭Yesaya‬ ‭40:3‬ ‭BIMK‬‬

“Jawab Tuhan Yang Mahakuasa, “Aku akan mengirim utusan-Ku untuk menyiapkan jalan bagi-Ku. Maka dengan tiba-tiba Aku, Tuhan yang kamu cari, akan datang ke Rumah-Ku. Utusan-Ku yang kamu rindukan itu akan datang dan mengumumkan perjanjian-Ku.” ‭‭Maleakhi‬ ‭3:1‬ ‭BIMK‬‬

Kristus akan masuk kota Yerusalem dengan menunggangi Keledai.

Supporting Verse – “Hai penduduk Sion, bergembiralah! Hai penduduk Yerusalem, bersoraklah! Lihatlah! Rajamu datang dengan kemenangan! Ia raja adil yang membawa keselamatan. Tetapi penuh kerendahan hati ia tiba mengendarai keledai, seekor keledai muda.” ‭‭Zakharia‬ ‭9:9‬ ‭BIMK‬‬

Kristus akan dikhianati oleh seorang teman-nya

Supporting Verse – “Kata mereka, “Penyakitnya parah sekali, ia tak mungkin bangun lagi.” Bahkan kawan karib yang paling kupercayai, orang yang makan bersamaku, telah menghina aku.” ‭‭Mazmur‬ ‭41:9-10‬ ‭BIMK‬‬

“Di mana-mana ada penghancuran; penindasan dan penipuan merajalela di pasar. Sekiranya musuh yang mencela aku, aku masih bisa tahan. Sekiranya lawan yang menghina aku, aku masih bisa bersembunyi dari dia. Tapi justru engkau, rekanku, sahabatku, kawan dekatku yang mengkhianati aku.” ‭‭Mazmur‬ ‭55:12-14‬ ‭BIMK‬‬

Kristus akan dijual seharga 30 keping perak.

“Di mana-mana ada penghancuran; penindasan dan penipuan merajalela di pasar. Sekiranya musuh yang mencela aku, aku masih bisa tahan. Sekiranya lawan yang menghina aku, aku masih bisa bersembunyi dari dia. Tapi justru engkau, rekanku, sahabatku, kawan dekatku yang mengkhianati aku.” ‭‭Mazmur‬ ‭55:12-14‬ ‭BIMK‬‬Kristus akan dijual seharga 30 keping perak.

Supporting Verse – “Aku berkata kepada mereka, “Kalau Tuan-tuan setuju, berikanlah upah saya; kalau tidak, tidak usah.” Lalu mereka memberikan kepadaku tiga puluh uang perak untuk upahku. Tuhan berkata kepadaku, “Masukkan uang itu ke dalam kas Rumah-Ku.” Jadi kumasukkan ketiga puluh uang perak itu ke dalam kas Rumah Tuhan. Hanya sekianlah penghargaan mereka kepadaku!” ‭‭Zakharia‬ ‭11:12-13‬ ‭BIMK‬‬

Uang yang didapatkan dari hasil penjualan Kristus akan dimasukkan ke dalam “penuang logam” di Bait Tuhan.

Supporting Verse – “Aku berkata kepada mereka, “Kalau Tuan-tuan setuju, berikanlah upah saya; kalau tidak, tidak usah.” Lalu mereka memberikan kepadaku tiga puluh uang perak untuk upahku. Tuhan berkata kepadaku, “Masukkan uang itu ke dalam kas Rumah-Ku.” Jadi kumasukkan ketiga puluh uang perak itu ke dalam kas Rumah Tuhan. Hanya sekianlah penghargaan mereka kepadaku!” ‭‭Zakharia‬ ‭11:12-13‬ ‭BIMK‬‬

Kristus akan diam saja saat berhadapan dengan orang-orang yang menuduhnya.

Supporting Verse – “Ia diperlakukan dengan kejam, tapi menanggungnya dengan sabar. Ia tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian atau induk domba yang dicukur bulunya.” ‭‭Yesaya‬ ‭53:7‬ ‭BIMK

‬‬Kristus akan dihukum mati melalui penyaliban sebagai seorang penjahat.

Supporting Verse – “Kerongkonganku kering seperti beling, lidahku melekat di langit-langit mulutku. Tuhan, Kautinggalkan aku di atas debu seperti orang yang sudah mati.” ‭‭Mazmur‬ ‭22:16‬ ‭BIMK‬‬

“Kemudian keturunan Daud serta penduduk Yerusalem akan Kuberi hati yang suka mengasihani dan suka berdoa. Mereka akan memandang dia yang telah mereka tikam dan meratapinya seperti orang meratapi kematian anak tunggal. Mereka akan meratap dengan pilu, seperti orang yang telah kehilangan anak sulung.” ‭‭Zakharia‬ ‭12:10‬ ‭BIMK‬‬

“Tetapi ia dilukai karena dosa-dosa kita, dan didera karena kejahatan kita. Ia dihukum supaya kita diselamatkan, karena bilur-bilurnya kita disembuhkan.” ‭‭Yesaya‬ ‭53:5‬ ‭BIMK‬‬

Setelah sekian lama diperhitungkan, tim penelitian ini memutuskan bahwa kemungkinan ada manusia yang bisa memenuhi semua nubuatan ini dari Tahun Yesus lahir sampai tahun 2000, kemungkinan yang ada adalah sebesar ini :

“Kemungkinan bahwa seseorang yang hidup bahkan sampai hari ini bisa memenuhi 8 nubuatan yang ada adalah 1:10 (pangkat 17), atau 1 : 100.000.000.000.000.000”. – Peter Stoner.

Ilustrasi – Saya bisa menggambarkan kemungkinan diatas dengan ilustrasi berikut. Ibaratnya saya mempunyai begitu banyak uang koin 500 perak yang ditaruh di atas lantai, begitu banyaknya sampai setinggi 4 meter dan memenuhi seluruh pula jawa. 

Satu dari begitu banyak koin 500 perak yang ada di pulau jawa ini adalah satu koin yang perlu ditemukan oleh teman saya yang berasal dari singapura, dimana dia sama sekali tidak tahu dimana saya menyembunyikan satu koin 500 perak ini di antara timbunan 500 perak yang lain. 

Sungguh tugas yang amat berat untuknya untuk mencari satu koin itu. Angka probabilitas dia untuk menemukan satu koin itu adalah 1 : 100.000.000.000.000.000”. 

Tidak hanya itu, jika kita mau menambahkan lebih banyak nubuatan, bagaimana jika kita ingin melakukan kalkulasi dalam hal 16 nubuatan?

“Kemungkinan bahwa seseorang yang hidup bahkan sampai hari ini bisa memenuhi 16 nubuatan yang ada adalah 1:10 (pangkat 45), atau 1 : 100.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000”. – Peter Stoner.

Ilustrasi – Mungkin ibaratnya gundukan koin 500 perak ini ada dengan jarak diameter 60 kali jarak bumi ke matahari. Satu koin itu kembali diaduk, dan akan memakan waktu 400 tahun bagi teman saya yang dari singapura untuk bisa sekedar memutari gundukan koin 500 perak itu. 

Bagaimana jika kita ingin melakukan kalkulasi dalam hal 48 nubuatan?

Kemungkinan bahwa seseorang yang hidup bahkan sampai hari ini bisa memenuhi 48 nubuatan yang ada adalah 1:10 (pangkat 157), atau 1 : 10.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000. – Peter Stoner.

Jadi mari kita lihat lagi, masih ada yang mau bilang bahwa Alkitab tidak bisa berfungsi dan diaplikasikan ke jaman sekarang? 

Kita harus memperhatikan dan mendengar dengan lebih teliti terhadap kebenaran yang ada karena kalau tidak, kita bisa terseret (drifted), dan terseret bisa terjadi secara tidak sadar.

Closing Verse – “So we must listen very carefully to the truth we have heard, or we may drift away from it.” ‭‭Hebrews‬ ‭2:1‬ ‭NLT‬‬

Sewaktu kecil, saya suka memancing, suatu hari saking asyiknya, saya lupa memasang jangkar, saya tidak sadar dan tidak mengenali dimana saya berada, karena sudah terseret begitu jauh. 

Jadi bagi kita yang tidak punya waktu untuk membaca Alkitab, hal itu sungguh salah. Saya sudah menjadi orang percaya selama 40 tahun, dan waktu favorit saya adalah disaat membaca Alkitab. Saya berhasil menyelesaikan ini dalam 2 tahun, dan saya selalu berdoa kepada Roh Kudus agar selalu dibukakan hikmat yang baru disaat membacanya kembali.

Sebelum saya punya Guru dan Roh Kudus, yang terjadi hanyalah seperti membaca sebuah cerita tetapi sekarang setelah saya punya Guru dan Roh Kudus, semuanya menjadi luar biasa, saya tidak mau terseret, banyak sahabat saya yang terseret dan menjadi tidak lagi melayani, karena mereka tidak lagi memberi perhatian dengan seksama terhadap kebenaran yang mereka dengar, terutama di jaman dimana Yesus katakan bahwa penyesatan bisa terjadi

 

 

Catatan:
Ringkasan Khotbah dikutip dari 316Notes | Kotbah di JPCC

Written by

Ps John Bevere



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.