Bekerja dari Rumah

Bookmark this
March 17, 2020 By Esther Idayanti

Saya pernah bekerja di kantor, tetapi 8 tahun belakangan ini bekerja dari rumah. Lebih enak mana? Untuk situasi Jakarta, lebih enak bekerja dari rumah karena tidak terkena macet dan tidak buang waktu. Lebih mudah mana? Lebih mudah kerja di kantor! Apalagi dengan 3 anak, dan yang terkecil saat itu berusia 4 tahun. Bekerja di rumah agak ribet karena interupsi yang tak terduga. Selain itu, konsentrasi mudah buyar karena memikirkan macam-macam hal dari belanjaan, jemuran, cemilan, dan urusan rumah yang tidak ada beresnya. Tapi setelah terbiasa, bekerja dari rumah bisa produktif juga.

SIAPKAN TEMPAT DAN WAKTU. Tetapkan jadwal bekerja dan siapkan tempat tertentu. Beritahu ke keluarga atau asisten rumah tangga bahwa Anda tidak bisa diganggu pada jam-jam tertentu. Bila ada pertanyaan atau telepon, minta mereka sampaikan pada jam istirahat yang Anda tetapkan. Sepertinya agak kaku, namun bila tidak, bisa-bisa tiap beberapa menit ada panggilan atau pertanyaan.

FLEKSIBEL. Bila siang hari Anda perlu mengurus keluarga, maka Anda bisa istirahat, dan mulai bekerja kembali malam hari.

RENCANAKAN. Buat rencana dan target apa yang akan Anda selesaikan hari itu. Bila belum selesai, berarti Anda belum berhenti bekerja hari itu.

TEKNOLOGI. Teknologi saat ini sangat mendukung bekerja dari rumah. Anda bisa gunakan smartphone untuk berkomunikasi, zoom.us untuk pertemuan online, dll.

JADUAL KELUARGA. Terutama bila Anda memiliki anak-anak usia sekolah yang saat ini juga dianjurkan belajar di rumah, Anda perlu buat jadual untuk mereka. Bila tidak, mereka akan mengajak Anda mengobrol dan bermain. Contohnya, atur jadual belajar mereka jam 08:00 – 12:00, lalu makan siang. Kemudian tetapkan kegiatan setelah jam tsb, contohnya membereskan rumah, atau melakukan hobi mereka. Selamat bekerja! (Esther Idayanti)

KUNCI SUKSES ADALAH FOKUS PADA TUJUAN, BUKAN HALANGAN.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.