Benang Kusut

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Menjelang akhir tahun, mungkin kita menghadapi peristiwa yang sepertinya belum selesai. Mungkin ada yang diputus pacar tanpa penjelasan, ada anggota keluarga yang pergi meninggalkan kita tanpa pesan, di-PHK tanpa alasan yang jelas, atau mengalami peristiwa traumatis.

Biasanya manusia menjalani hidup seperti sebuah cerita. Kita menciptakan masa lalu, membangun masa kini untuk merencanakan masa depan. Tetapi bila kisah itu tiba-tiba terputus, seseorang bisa bingung dan terus berusaha untuk mencari jawaban mengapa hal itu terjadi, apa kesalahannya, dll. Kita menginginkan informasi atau jawaban supaya bisa merasakan bahwa peristiwa traumatis, membingungkan, atau mengesalkan tersebut sudah diselesaikan.

Tetapi tidak semua hal bisa selesai seperti yang kita inginkan. Tidak semua pertanyaan bisa mendapatkan jawaban seperti yang kita butuhkan. Ada nasihat bijak dari seorang perancang mode yang biasa menjahit, katanya kalau benang sudah kusut, untuk apa mencoba membuka atau membongkarnya, “Potong saja, masukkan benang yang baru dan kita mulai menjahit lagi,” begitu kata Sally Koeswanto. Benang kusut Anda mungkin sulit untuk dibongkar, tapi di akhir tahun ini Anda bisa membuat komitmen untuk memotong atau “let go” hal itu untuk “move on” dan merajut masa depan yang baru.

Satu-satunya cara adalah menerima apa yang telah terjadi dan mendefinisikan hidup Anda dengan situasi yang baru. Jangan lagi berpikir, “Sebenarnya bisa saja waktu itu...” Bersyukur saja bahwa peristiwa/orang tersebut telah memberi pelajaran yang berharga, dan Tuhan menolong Anda melewati semuanya. Tidak perlu menunggu penjelasan orang lain, permintaan maaf dari orang yang bersalah pada Anda, atau inisiatif dari pihak lain, Anda dapat memutuskan bahwa masa lalu Anda sudah selesai. (Esther Idayanti)

MASA LALU, TERIMA KASIH UNTUK SEMUA PELAJARANMU. MASA DEPAN, AKU SIAP MENYONGSONGMU.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.