Bohong

Bookmark this
January 28, 2020 By Esther Idayanti

Ada kabar baik, bahwa menurut riset sebagian besar orang adalah jujur. (Riset ini diadakan di Inggris, tetapi mudah-mudahan berlaku juga di Indonesia). Tetapi ada orang-orang tertentu yang memang terbiasa berbohong. Mereka tidak menghargai kebenaran dan tidak peduli bila orang lain terkena akibatnya/terluka.

Sayangnya tidak mudah mendeteksi kebohongan, karena hidung orang tidak memanjang seperti Pinokio ketika berbohong. Tapi menurut para pakar, kalau Anda ragu apakah seseorang berbohong pada Anda atau tidak, cara yang mudah untuk mendeteksinya adalah bertanya “Mengapa?” Orang sulit untuk menjelaskan mengapa mereka melakukan sesuatu, atau mengapa sesuatu terjadi. Lebih mudah bagi mereka untuk berbohong tentang data/fakta. Kalau seseorang sulit menjelaskan motivasi mereka, bisa diduga mereka sedang berbohong.

Sudah pasti lebih baik berkata jujur, bukan demi orang lain, tetapi demi diri kita sendiri. Seorang anak laki-laki yang memiliki 10 kelereng di kantongnya, dan ia ingin menukarkan kelerengnya dengan coklat yang dimiliki oleh seorang anak perempuan. Mereka sepakat menukarkan semua yang mereka miliki. Lalu anak lelaki itu mengeluarkan 8 kelereng dari kantongnya, dan memberikannya pada anak perempuan itu, “Ini semua yang aku punya,” sambil menyembunyikan dua kelereng terbaiknya. Dan anak perempuan itu memberikan semua cokelat yang dimilikinya, 10 cokelat. Setelah mereka berpisah, anak lelaki itu berpikir, jangan-jangan anak perempuan itu tidak memberikan semuanya, melainkan menyembunyikan cokelatnya yang paling enak di kantong.

Orang yang curang berpikir bahwa orang lain mencuranginya. Orang yang berbohong mengira bahwa semua orang bohong padanya. Orang yang berselingkuh selalu cemas dan curiga apakah ia diselingkuhi. Honesty is still the best policy. (Esther Idayanti)

ORANG YANG PALING MERDEKA DI DUNIA ADALAH IA YANG TIDAK PUNYA SESUATU YANG IA SEMBUNYIKAN.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.