Build Something That Lasts

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Nyoman Nuarta membangun patung Garuda Wisnu Kencana di Bali selama 28 tahun. Patung ini menjadi patung tertinggi ke dua di dunia. Pada awalnya, Nyoman Nuarta menggunakan uang pribadinya untuk membangun patung tersebut, karena itu tidak heran bila waktu yang dibutuhkan sangat lama. Ia sempat mendapat pinjaman dari pemerintah, namun pinjaman ditarik kembali ketika Indonesia mengalami krisis moneter. Tetapi ia tidak menyerah, dan terus membangun hingga selesai.

Membangun gereja Notre Dame di Perancis memakan waktu jauh lebih lama, yaitu 200 tahun! Arsitek dan orang yang memiliki ide membangun gereja itu sudah pasti meninggal sebelum bangunan itu selesai. Ia tidak pernah melihat apa yang ia mulai.

Apakah dalam hidup ini kita cukup sabar membangun sesuatu yang akan bertahan lama bahkan setelah kita meninggal hal itu akan tetap berdampak? Bagaimana kalau seumur hidup kita tidak akan melihat hasilnya? Apakah kita bersedia berkorban dan menginvestasikan hidup kita untuk sesuatu yang langgeng bahkan bersifat kekal?

Pertanyaannya, apa yang akan berdampak dalam jangka panjang? Sebenarnya tidak selalu harus membangun gedung atau patung yang berskala dunia, tapi ada hal lain yang bertahan lama, yaitu manusia.

Bila Anda menginvestasikan hidup Anda untuk membangun orang lain, maka nilai-nilai yang Anda tanamkan padanya, kasih yang Anda bagikan, atau ketrampilan yang Anda ajarkan, akan tetap ada padanya, bahkan bisa diwariskan ke generasi berikutnya. Anda pasti bisa mengingat satu dua orang yang walau saat ini sudah tidak ada lagi, tetapi pengaruh mereka pada hidup Anda masih terasa.

Sediakan waktu Anda untuk menjadi mentor bagi orang lain. Menjadi mentor adalah mengubah kehidupan seseorang untuk selamanya. (Esther Idayanti)

TUJUANNYA BUKANLAH UNTUK HIDUP SELAMANYA, TETAPI TUJUANNYA UNTUK MENCIPTAKAN SESUATU YANG TINGGAL SELAMANYA.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.