Damai

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Mantan Presiden Norwegian Academy of Science dan para sejarawan mencatat sejak 3600 tahun sebelum Masehi, dunia hanya mengalami 292 tahun damai. Sisanya, ada 14.351 perang yang menelan jiwa 3,64 miliar orang. Apakah statistik akan membaik? Kemungkinan besar tidak. Selain perang, dunia juga menghadapi berbagai macam krisis: krisis lingkungan, goncangan ekonomi, penyakit menular (Ebola dll), terorisme dll. Setiap hari media membeberkan masalah baru. Bagaimana bisa hidup damai dalam dunia yang penuh krisis?

Alkisah, ada seorang raja mencari lukisan yang sempurna tentang rasa damai. Ia mengumumkan perlombaan melukis yang diikuti oleh seniman dari seluruh pelosok negeri. Tiba hari penjurian, berbagai lukisan indah dihadirkan. Ada lukisan sebuah danau yang sangat tenang, di bawah langit biru yang indah. Rakyat berpikir, pasti ini pemenangnya. Ternyata tidak. Lalu ada lukisan pelangi yang indah di sebuah ladang yang menguning. Tapi ini juga bukan pemenangnya. Berikutnya ada lukisan seekor burung yang sedang duduk di sarangnya, di ceruk sebuah batu karang pada tebing pantai yang terjal. Di luar, badai menerpa, ombak menghempas, langit gelap dengan petir menggelegar. Namun burung itu tetap tenang. Lukisan inilah yang menang!

Banyak orang berpikir bila badai di luar berhenti, tidak ada lagi teror bom, ekonomi baik, keluarga sehat, pasangan setia, barulah kita bisa merasakan damai. Yang lain mencari damai dengan alkohol, membangun rasa aman dengan harta, tetapi semuanya sia-sia. Percuma saja mencari damai, karena di dunia tidak ada damai. Tetapi ketika kita mencari Tuhan, kita dapatkan damai yang tidak tergantung pada situasi di luar. Mengetahui bahwa Tuhan mengasihi Anda, dan Anda ada dalam tangan-Nya akan memberikan rasa damai, bahkan di tengah badai. (Esther Idayanti)

TUHAN TIDAK BISA MEMBERIKAN KEBAHAGIAAN DAN DAMAI TANPA DIRI-NYA. TIDAK ADA KEBAHAGIAAN DAN KEDAMAIAN DI LUAR TUHAN (C.S. Lewis, adapted)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.