Dengarkan

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Menurut riset, dalam 24 jam orang mendengar 20.000 - 30.000 kata. Tetapi tidak semua kata-kata itu masuk ke otak/hati kita. Ada istilah “masuk kiri keluar kanan.” Ternyata walaupun telinga kita dapat mendengar, hanya 17%-25% yang diingat dari pembicaraan tersebut, apalagi bila kita tidak peduli.

Mengapa mendengarkan itu sulit? Karena menurut penelitian dari University of Minnesota, orang berpikir jauh lebih cepat daripada berbicara yang biasanya 125 kata-kata per menit. Jadi ketika mendengarkan seseorang berbicara, otak kita dipaksa untuk memproses kata-kata jauh lebih lambat daripada otak bekerja. Karena itu, pikiran kita kadang melayang-layang saat mendengarkan. Namun, bila kita tidak memberi perhatian penuh, maka apa yang disampaikan berikutnya akan terlewatkan. Padahal bisa saja hal itu penting.

Mendengarkan bukan hanya penting buat persahabatan untuk mendengarkan teman curhat, tetapi juga sangat penting bagi kita yang berada dalam posisi otoritas (suami, orangtua, atasan dll). Kita pikir sebagai orangtua/atasan, tugas kita adalah banyak bicara, menasihati, menjelaskan, memotivasi, sehingga kita kurang mendengarkan. Padahal mendengarkan adalah inti kepemimpinan. Dengan mendengarkan, kita menghormati orang yang berbicara, menghargai ide dan perasaan mereka, sehingga kepercayaan dan loyalitas meningkat, karena mereka tahu kita peduli.

Memang mendengarkan membuang banyak waktu, tetapi tidak mendengarkan bisa menjadi awal sebuah bencana. Para orangtua, jangan pikir anak-anak Anda akan bicara hal-hal besar yang menentukan/mengancam masa depan mereka, kalau Anda tidak bersedia mendengarkan hal-hal yang sepele setiap hari. Para atasan, kalau Anda tidak bersedia mendengarkan, maka Anda akan dikelilingi orang yang tidak punya suara dan ide. Ternyata selain membutuhkan telinga, mendengarkan butuh disiplin dan hati. Listen well! (Esther Idayanti)

BICARALAH SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA ORANG SUKA MENDENGARKAN KITA, DAN DENGARKAN SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA ORANG SUKA BERBICARA PADA ANDA.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.