Di Penuhi Roh Kudus

Bookmark this
August 01, 2019 By Dr. Ir. Niko Njotorahardjo

Pada bulan April 2019 kita memperingati kematian Tuhan Yesus (Jumat Agung) dan kebangkitan Tuhan Yesus (Paskah). Pada bulan Mei kita memperingati kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga. Dan pada bulan ini kita memperingati hari Pentakosta, yaitu pencurahan Roh Kudus (Pentecost Sunday).

Selama 40 hari setelah kebangkitanNya, Tuhan Yesus berulang-ulang memperlihatkan diri-Nya kepada lebih dari 500 murid-muridNya untuk membuktikan kalau Dia benar-benar bangkit dan hidup. Setelah itu dengan disaksikan oleh murid-muridNya, Dia naik ke Sorga. 

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kis. 1:8)

Yerusalem (di antara keluarga), Yudea (di antara orang seiman), Samaria (di antara orang tidak seiman), dan sampai ke seluruh dunia. Inilah pesan terakhir Tuhan Yesus kepada murid-muridNya pada waktu Dia akan naik ke sorga, yang berarti ini juga pesan kepada kita sebagai murid-muridNya. 

“dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." (Kis. 1:11)

Jika Tuhan Yesus naik ke sorga disaksikan oleh murid-muridNya, maka murid-muridNya yaitu kita juga yang akan melihat Dia datang di awan-awan untuk mengangkat kita.

Checklist jika kita sudah hidup seperti Kristus telah hidup (1 Yoh 2 : 6) :

1. Penuh Roh Kudus, mempertahankan baik-baik supaya penuh Roh Kudus senantiasa seperti Tuhan Yesus

2. Mengasihi Tuhan Yesus, artinya : Taat pada perintah-perintahNya

3. Berkata NO kepada dosa

Apa yang Tuhan Yesus lakukan di Surga?

1. Menyediakan tempat bagi kita 

2. Sebagai Pengantara bagi kita atau sebagai pendoa syafaat agar kita selamat secara sempurna.

Keselamatan ada 3: Kehilangan bisa hilang, hampir-hampir tidak selamat, selamat secara sempurna

3. Meminta kepada Bapa untuk mengutus Roh Kudus

Setelah itu 120 murid berkumpul di kamar loteng di Yerusalem, apa yang mereka lakukan? Mereka bertekun dalam doa, pujian, penyembahan bersama-sama dalam unity siang dan malam. Ini adalah prinsip Pondok Daud. Ini adalah prinsip Menara Doa. 10 hari kemudian, pada hari raya Pentakosta, ketika mereka sedang berdoa terdengar dalam ruangan itu suatu bunyi seperti tiupan angin keras, dan tampaklah lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap kepada mereka masing-masing. Mereka dipenuhi dengan Roh Kudus dan mereka mulai berkata-kata dalam bahasa roh. Berbahasa Roh adalah tanda awal orang yang dipenuhi Roh Kudus. Dalam perjalanan hidup, kalau ada dosa yang tidak diselesaikan makin lama kondisi penuh Roh Kudus akan menurun. Kita harus menjaga kondisi penuh Roh Kudus seperti lima gadis bijaksana. Jaga hidup kita supaya kita tetap dalam kondisi penuh Roh Kudus.

Apa yang terjadi setelah murid-murid dipenuhi Roh Kudus?

1. Petrus berkotbah sekitar 4 menit dan 3000 orang bertobat dan dibaptis

Di era Pentakosta ketiga ini, kita akan melihat banyak orang yang akan memberitakan injil dan kasih Yesus sehingga akan ada banyak orang yang bertobat.

2. Signs and wonders

Mujizat yang dilakukan Yesus 2000 tahun yang lalu masih ada sampai hari ini

3. Cara hidup jemaat berubah

Suka baca Alkitab (Yes. 48:18), suka berdoa, senang memuji Allah, suka memberi, disukai semua orang; tiap-tiap hari ada jiwa-jiwa yang bertobat

4. Goncangan terjadi

Tuhan mengizinkan aniaya terjadi supaya mereka menginjil dan menjadi saksi-Nya

5. Terjadi perubahan paradigma dalam pelayanan

PENTAKOSTA

Pencurahan Roh Kudus Pertama: UPPER ROOM JERUSALEM (2000 tahun lalu) 

Pencurahan Roh Kudus Kedua: AZUSA STREET Los Angeles (1906) -> Sekitar 100 tahun ke depan Roh Kudus dan api kemuliaan Tuhan akan dicurahkan double portion dibandingkan Pentakosa kedua

Pencurahan Roh Kudus KetigaDIPENUHI ROH KUDUS: Sedang berlangsung saat ini -> Penuaian jiwa yang terbesar dan terakhir untuk menyelesaikan Amanat Agung

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Sermon By : Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo di kotbahkan di GBI PRJ

Written by

Dr. Ir. Niko Njotorahardjo



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.