Dipangkas

Bookmark this
January 28, 2020 By Esther Idayanti

Seperti tanaman, walaupun banyak buah yang mulai tumbuh kecil-kecil, kadang calon buah tersebut perlu dipangkas supaya buah-buah yang tersisa nantinya mendapatkan nutrisi yang cukup dari akar. Demikian pula, dari waktu ke waktu, ada hal-hal yang perlu dipangkas dari hidup, supaya kita bisa lebih maju: kegiatan yang perlu dihentikan, staf yang perlu dilepas, hubungan yang perlu diakhiri, kelompok yang perlu ditinggalkan dll.

TIDAK SESUAI VISI. Pemangkasan perlu dilakukan secara strategis dan melihat ke masa depan. Kalau ada hal-hal yang menghambat Anda untuk mencapai visi, hal tersebut perlu dihentikan. Semua sumber daya Anda, (waktu, energi, talenta, finansial) perlu diarahkan untuk membangun hal yang menjadi visi Anda, yaitu hal-hal yang merupakan kekuatan Anda dan yang memang harus Anda lakukan.

TIDAK LAGI PRODUKTIF. Orang menolak untuk memangkas karena menyakitkan. Sulit untuk memotong sesuatu/seseorang yang pernah dekat di hatinya, atau hal yang pernah membawa kesuksesan baginya. Tetapi bila suatu hal tidak lagi memberi hasil, kita perlu memotongnya.

Ketika Steve Jobs kembali ke Apple tahun 1997, perusahaan itu sedang dalam kesulitan. Penjualan turun 30% dan Microsoft sangat dominan di pasaran. Steve melihat bahwa Apple memproduksi berbagai versi dari produk yang sama untuk memenuhi permintaan penjual. Terlalu banyak produk sehingga Steve bertanya pada top manajernya, “Yang mana yang saya sarankan untuk teman saya beli?” Steve memotong produk Apple hingga 70%, memberhentikan 3000 pekerja, dan Apple hanya memproduksi empat jenis produk. Hasilnya, Apple mengalami perkembangan pesat setelah mereka memangkas produk dan fokus pada kualitas serta inovasi. Kata Steve Job, “Memutuskan apa yang tidak akan dilakukan sama pentingnya dengan memutuskan apa yang akan dilakukan.” (Esther Idayanti)

SETIAP AKHIR ADALAH AWAL DARI SESUATU. HANYA SAJA KITA TIDAK TAHU PADA SAAT ITU. (Mitch Albom)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.