Fear Factor

Bookmark this
May 15, 2020 By Esther Idayanti, M.A.

Yang menular saat ini bukan hanya Covid-19, tetapi juga kekhawatiran dan ketakutan. Bagaimana mengatasi kekhawatiran dan ketakutan?

BERSERAH TOTAL PADA TUHAN. “Bagaimana kalau…” adalah awal kekhawatiran dan ketakutan. Perasaan ini timbul karena kita merasa tidak dapat mengontrol hidup/masa depan kita. Obatnya hanya satu, yaitu iman. Iman bukan sekedar optimisme, berpikir positif, atau sejenisnya. Iman adalah percaya dan penyerahan total pada Tuhan. Bila orang tidak memercayakan dirinya pada Tuhan, maka ia akan memercayakan dirinya pada hal lain: kekayaannya, kemampuannya, kedudukannya, dll. Padahal hal-hal ini bisa hilang sewaktu-waktu. Kita percaya pada Tuhan karena kita mengetahui bahwa Ia mengasihi kita dan mampu menangani semua yang terjadi. Ia tidak pernah berkata “Ups… kok jadinya begini ya?” Kita aman, karena “God is always in control” walaupun Ia tidak selalu menjelaskan pada kita semua alasannya. 

KETAHUI FAKTA “FEAR VS FAITH” Pernah melihat anak-anak bermain jungkat jungkit? Kalau satu naik, yang satu turun. Seperti itu antara iman dan ketakutan. Bila iman bertambah, ketakutan berkurang, dan sebaliknya. Jadi, satu-satunya cara menghilangkan ketakutan adalah dengan menambah iman. Perhatikan apa yang Anda baca. Bila Anda berjam-jam mendengar kabar buruk di media, dan hanya satu dua menit membaca kitab suci serta berdoa, maka mudah dikuasai ketakutan. Perhatikan juga dengan siapa Anda berkumpul, dengan orang yang yang perkataannya penuh iman atau kekhawatiran. Kata pepatah, “Feed your faith and your fears will starve to death”

Satu janji indah dari Tuhan yang selalu memberi kekuatan bagi saya adalah, “I will never leave you, nor forsake you.” Apapun yang terjadi, Tuhan tidak akan pernah meninggalkan dan membiarkan saya sendirian. Janji itu berlaku bagi kita yang percaya kepada-Nya (Esther Idayanti)

TANGANI MASA LALU TANPA PENYESALAN. HADAPI SAAT INI DENGAN KEYAKINAN. PERSIAPKAN MASA DEPAN TANPA RASA TAKUT.



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.