Gambar Diri Yang Benar

Bookmark this
January 17, 2019 By Leonardo Sjiamsuri, Dr., MTh.

GAMBAR DIRI YANG BENAR

Ayat yang terdapat di dalam Roma 8: 29 tertulis demikian: “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.”

Orang Kristen dipanggil bukan hanya untuk bisa beribadah kepada-Nya dan melakukan kegiatan rohani, tetapi justru dipanggil dan ditentukan untuk menjadi serupa dan segambar dengan Yesus Kristus, Anak-Nya. Inilah gambar diri yang seharusnya semakin lama semakin jelas dan nyata di dalam diri setiap orang percaya.

Gambar diri adalah apa yang dipikirkan dan dirasakan tentang diri sendiri. Apabila kita merasa diri kita tidak mampu, maka kita akan selalu berpikir bahwa kita tidak memiliki kemampuan apa pun, dan akhirnya reaksi, perkataan, pikiran, dan perasaan kita sesuai dengan pemikiran seperti itu.

Namun, jika kita sadar bahwa di dalam Tuhan kita sanggup menanggung segala hal, maka pikiran, perasaan, dan tindakan-tindakan kita akan selalu menunjukkan upaya untuk berhasil.

Ada tiga kemungkinan dalam membangun persepsi tentang gambar diri kita dalam hidup ini.

1.       Imajinasi sendiri. Tidak sedikit orang yang mengidolakan seseorang, entah tokoh politik, atau bintang film, atau tokoh lainnya. Idola inilah yang kemudian menjadi imajinasinya dalam membangun gambar diri untuk bisa mirip dengan yang diidolakannya.

2.     Menurut orang lain. Inilah gambar diri yang dihasilkan dari pandangan atau perkataan orang lain. Gambar diri ini merupakan refleksi atau cermin masyarakat atau yang sesuai dengan ekspektasi orang lain.
 
3.       Sesuai dengan firman dan gambar Tuhan. Inilah gambar diri yang akurat, sesuai dengan rancangan awal Tuhan bagi manusia. Ketika kita melihat diri kita seperti yang Tuhan lihat, otomatis kita tidak akan melakukan perbuatan kedagingan yang sia-sia. Kita akan mewakili Tuhan dan merefleksikan Dia.

Written by

Leonardo Sjiamsuri, Dr., MTh.



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.