Grit

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Tidak sembarang orang bisa mendaftar dan masuk akademi militer USA West Point. Dan tidak semua yang masuk dengan nilai tinggi dapat lulus dari sana. Penentu kelulusan ternyata bukan nilai, dan bukan juga kemampuan atletik, tetapi “grit” atau kemampuan dan kemauan untuk mengejar tujuan jangka panjang yang sulit tanpa berhenti atau menyerah. Studi ini dilakukan selama lebih dari 10 tahun pada 11.200 orang yang masuk West Point. Grit bukan sekedar ketahanan menghadapi kegagalan, tetapi juga memiki komitmen yang bahwa Anda akan tetap berpegang pada hal itu bahkan bertahun-tahun kemudian. Ada 5 faktor “grit”

KEBERANIAN. Orang macam ini berani menghadapi kegagalan, dapat merangkul kegagalan dan memahami bahwa ada pelajaran dalam kegagalan. Keberanian termasuk berani mengambil kesempatan, walaupun yang lain tidak berani. Berani untuk tidak populer.

BERHATI-HATI, maksudnya teliti, waspada dengan maksud untuk mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya. Ia efisien, terorganisir, dan tidak beristirahat sampai pekerjaan diselesaikan dengan baik. Orang macam ini memiliki determinasi yang tinggi, yang tidak mudah digoyahkan oleh lawan atau pendapat yang berbeda.

TEKUN. Kata Winston Churchill, “Kalau Anda melewati neraka, teruslah berjalan.” Orang yang memiliki grit memiliki tujuan jangka panjang yang berarti, sehingga menolong mereka membangkitkan semangat, keberanian dan stamina.

KETAHANAN (RESILIENCE), yaitu seperti daya pegas, seseorang mampu pulih kembali dari kesulitan. Ia memiliki keyakinan moral yang sulit digoyahkan. Resilience ini merupakan kombinasi dari optimisme, percaya diri dan kreativitas. Ia memiliki kemampuan untuk mempertahankan tujuan utamanya, walaupun ada berbagai kejutan dan tantangan yang tak terduga.

KEUNGGULAN (EXCELLENCE). Orang yang memiliki grit bukanlah perfeksionis atau mengejar kesempurnaan, tetapi melakukan yang terbaik dalam segala sesuatu yang mereka kerjakan.

SEMANGAT ITU BIASA. DAYA TAHAN ITU JARANG. (Angela Duckworth)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.