Hari Pentakosta

Bookmark this
June 02, 2015 By A.H. Mandey

Khotbah Minggu, 24 Mei 2015

HARI PANTEKOSTA

Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 2
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Pada waktu datangnya hari Pantekosta, mereka mengalami dipenuhkan dengan Roh Kudus. Hari Pantekosta bukan terjadi hanya pada perjanjian baru, sebab sudah terdapat juga di perjanjian lama.  Allah sudah tentukan bagi Israel mempunyai tiga hari raya.

1. Hari Raya Paskah
“Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi Tuhan”(Imamat 23:5). Kita juga masih merayakan Paskah. Setiap minggu pertama setiap bulan kita mengadakan Perjamuan Kudus, artinya adalah untuk mengingat kembali kematian Yesus, di mana tubuhNya diberikan untuk dihancurkan supaya melalui kematianNya kita yang percaya beroleh keselamatan. Dalam kitab Yesaya dikatakan wajahNya tidak lagi seperti manusia, seluruh badan penuh luka dicemeti dan hancur bagai roti yang dipecah-pecahkan. DarahNya yang mulia mengalir. Itulah Yesus sebagai Anak Domba yang disembelih. Darah digosok pada tiap pintu rumah orang Israel mendatangkan keselamatan. Sekarang pada pintu hati kita. Kalau kita percaya kepada darah Kristus yang berkuasa mengampuni segala dosa kita, kita diselamatkan. Jadi perayaan Paskah adalah perintah Tuhan. Paskah sudah kita lakukan dan masih kita lakukan. 

2. Hari Pantekosta
Hari Pantekosta pun kita percaya dan merayakannya. Itu diperintahkan Tuhan kepada kita sehingga ada Doa Sepuluh Malam; hari pencurahan Roh Kudus, sudah terjadi 2000 tahun lalu. Tuhan berikan kesempatan kepada kita untuk meminta Roh Kudus.

3. Hari Raya Pondok Daun
Pada hari raya ini orang Israel menjalankannya dengan meninggalkan rumah-rumah mereka lalu tinggal dalam pondok yang terbuat dari daun-daun. Hari raya ini kita belum mengalaminya karena ini akan terjadi saat sudah masuk dalam masa aniaya besar menjelang kedatangan Yesus nanti sebagai Raja di atas segala raja. Sebelum kedatangan Tuhan ada hal-hal yang akan terjadi lebih dulu seperti hari raya Peniupan Sangkakala, hari raya Penyucian, saat di mana gereja disempurnakan, barulah tiba hari raya Pondok Daun. Tuhan bekerja menurut waktuNya.

Roh Kudus bekerja
Dalam Kisah Para Rasul 2 diceritakan bagaimana Roh Kudus bekerja. Dari 12 murid berkembang menjadi 120 orang yang berdoa dan dipenuhi Roh Kudus. Banyak orang menerima perkataan Petrus, lalu percaya kepada Tuhan dan memberi dibaptis sehingga jumlahnya bertambah kira-kira 3000 orang. Kalau Roh Kudus bekerja, setiap hari akan bertambah orang yang memberi diri dibaptis dalam air dan dipenuhi dengan Roh Kudus. Bahasa Roh Kudus adalah bahasa Allah. Orangnya sendiri tidak tahu artinya sebab Roh Kudus berbicara langsung kepada Allah, segala problema kita pun dapat dibicarakan kepada Tuhan dengan bahasa Roh Kudus.

Baptisan Air
Baptisan Air adalah peraturan dari Allah. “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, …” (Matius 28:19). Baptis = Baptiso = ditenggelamkan, dicelup dalam air dalam Nama Bapa, Anak Laki-Laki dan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Baptisan Air dan Baptisan Roh Kudus adalah meterai Allah, diberikan kepada orang yang percaya Tuhan Yesus Kristus. Kiranya Tuhan menolong kita untuk bertumbuh dewasa ke arah Kristus. Haleluya! Tuhan Yesus memberkati saudara. 

Written by

A.H. Mandey



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.