Hutang

Bookmark this
February 11, 2020 By Esther Idayanti

Menurut NerdWallet Statistics tahun 2019, rata-rata hutang kartu kredit di keluarga Amerika adalah sebesar $15,210, dan bila di total hutang kartu kredit di Amerika mencapai $1 triliun. Di samping hutang kartu kredit, masih ada hutang kredit rumah, kendaraan, pinjaman untuk kuliah yang bila dijumlahkan, maka rata-rata hutang per keluarga di Amerika adalah $136,206, bandingkan dengan rata-rata penghasilan keluarga sebesar $ 61.372

Sayangnya, saya tidak menemukan statistik mengenai hutang kartu kredit di Indonesia. Tetapi ada kisah seorang nasabah yang menulis bahwa hutang kartu kredit yang awalnya sebesar Rp. 4 juta membengkak menjadi Rp. 170 juta karena ia ceroboh menggunakannya dan hanya membayar “minimum payment” setiap bulan. Bank membuat berhutang dengan kartu kredit menjadi sangat mudah, dengan bunga yang tinggi. Bila tidak berhati-hati, orang dapat terjebak.

· Kekayaan yang sebenarnya bukan hasil dari berhutang, melainkan hasil dari pertambahan nilai. Orang yang memiliki barang-barang mewah hasil berhutang tidak dapat dikategorikan sebagai orang kaya. Tetapi bila Anda memiliki ketrampilan atau investasi yang menambah asset Anda, itulah kekayaan yang sebenarnya.

· Tidak boleh berhutang untuk barang konsumtif. Contohnya mencicil tas bermerk melalui kartu kredit, meminjam uang untuk berlibur bersama keluarga, dll.

· Kartu kredit bukan untuk berhutang, tetapi sebagai cara pembayaran yang praktis. Bila Anda menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa di akhir bulan Anda dapat membayarnya tanpa mengganggu anggaran keluarga.

Berhutang adalah meminjam penghasilan di masa depan, demi kesenangan di masa kini. Bila Anda berhutang sekarang, bisa jadi Anda mempertaruhkan masa depan anak-anak Anda. Belajar dari Benjamin Franklin, “Lebih baik tidur tanpa makan malam, dari pada bangun pagi dengan hutang.” (Esther Idayanti)

KETIKA ANDA TERLILIT HUTANG, ANDA MENJADI BUDAK (Andrew Jackson) 

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.