I Believe In You

Bookmark this
January 21, 2019 By Esther Idayanti

I BELIEVE IN YOU

Sebuah SMU di wilayah termiskin di London meluluskan 41 siswa berprestasi yang mendapat tawaran kuliah dari Oxford dan Cambridge. Sekolah negeri ini prestasinya melebihi sekolah swasta yang mahal. Dua per tiga dari siswa-siswa ini merupakan orang pertama dari keluarga mereka yang melanjutkan ke universitas. Setengah dari mereka berasal dari keluarga miskin, dan sebagian besar adalah minoritas. Mengapa mereka bisa berprestasi?

Menurut laporan, para gurunya berkualitas dan mengajar dengan penuh semangat. Salah seorang guru berkata, “Kadang para siswa berpikir, ‘Apakah aku cukup baik? Apakah saya bisa cocok di sana?’ Tetapi menjadi tugas kami untuk menghilangkan keraguan itu.” Rama Rustom, yang orangtuanya pengungsi keturunan Palestina dan Suriah berkata, “Dalam budaya saya, perempuan dilarang untuk melanjutkan pendidikan. Banyak orang di luar sekolah berkata bahwa saya pasti tidak bisa, tetapi para guru selalu percaya pada saya.”

Dukungan terbesar yang bisa kita berikan bagi seseorang adalah percaya padanya. Kadang orang mengalami keraguan dan tidak percaya diri. Percaya pada orang lain bukan sekedar melontarkan kata-kata manis untuk menyenangkannya, tetapi menanamkan keyakinan bahwa ada harapan, dan ia bisa melakukannya. Katakan dengan spesifik, “Saya ingat tahun lalu kamu menghadapi tantangan itu dan berhasil. Kali ini pasti lebih baik.” Cari kekuatan atau sisi positif mereka, dan puji bila mereka melakukan sesuatu yang baik. Orang cenderung mengulangi perbuatan yang dipuji.

Percaya pada orang lain termasuk mengatakan kebenaran yang kadang tegas dan menantang, “Coba kamu belajar mengalahkan ketakutanmu dan fokus pada tugasmu.” Yang penting juga, beri waktu untuknya, karena hal itu menyatakan bahwa ia penting bagi Anda, dan Anda peduli pada kesuksesannya. (Esther Idayanti)

BEBERAPA ORANG TIDAK DAPAT PERCAYA PADA DIRINYA, SAMPAI ORANG LAIN PERCAYA PADANYA TERLEBIH DAHULU (Sean Maguire).



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.