Identitas

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Chris Long dari Nevada, sakit leukemia dan mengalami transplantasi sum-sum tulang belakang dari seorang donor di Jerman. Yang mengejutkan, DNA darahnya kemudian berubah mengikuti DNA sang donor, bahkan bibir dan pipinya juga mengandung DNA sang donor.

DNA adalah jalinan molekul protein yang memuat informasi bagaimana seseorang berfungsi dan seperti apa penampilannya. Contohnya, DNA menentukan warna mata dan bagaimana paru-parunya berfungsi. DNA untuk setiap orang unik, sehingga bisa dijadikan identitas dan bukti bagi kepolisian untuk menjerat pelaku kejahatan bila ditemukan sehelai rambut pelaku di lokasi. Seorang pakar, Darby Stienmetz berkata, “Kami shok menyadari Chris tidak lagi ada.” Chris sendiri berkata, “Luar biasa saya bisa hilang dan orang lain yang muncul.” Bila DNA memberi “identas” bagi seseorang, lalu siapa Chris Long?

Bagaimana kita menjawab “siapa diriku?” Ada orang yang membentuk identitasnya berdasarkan kata orang lain. Terutama anak-anak yang percaya bahwa dirinya adalah apa yang dikatakan orangtuanya, “Kamu bodoh!” Yang lain melekatkan identitas pada gender: gay atau lesbian. Ada juga yang melekatkan identitas pada kesuksesan dan karir, sehingga ketika perusahaannya bangkrut, ia masih bertindak seperti boss, ke mana-mana pakai dasi walaupun sudah menganggur.

Identitas penting karena membangun gambar diri, bagaimana seseorang berperilaku, dan apa yang dilakukan dalam hidupnya. Melekatkan identitas pada sesuatu yang bisa berubah atau keliru, akan mengacaukan hidup Anda. Kenyataannya, Anda adalah lebih dari penampilan Anda, karir Anda, gender Anda, agama Anda, atau bahkan apa yang orang lain (orangtua Anda) katakan tentang Anda. Identitas Anda aman dan tidak berubah karena berakar pada Pribadi yang tidak berubah, yaitu Tuhan. Anda adalah seorang yang dicintai dan diciptakan secara khusus oleh Tuhan, diberi tugas dan tujuan spesial dari-Nya. (Esther Idayanti)

HANYA PADA TUHAN KITA TEMUKAN ASAL, IDENTITAS, MAKNA HIDUP, TUJUAN, SIGNIFIKANSI DAN “DESTINY” KITA. (Rick Warren)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.