Jati Diri Kita

Bookmark this
February 11, 2020 By Esther Idayanti

Pagi ini suami saya bersepeda di sekitar rumah, tetapi hanya tahan beberapa menit saja lalu pulang. Matanya perih karena gas air mata sisa demo kemarin. Daerah rumah kami memang menjadi tempat favorit demo. Dan tiap kali demo selalu ada bakar-bakaran plus lempar-lempar batu, entah apapun topik demo, dari urusan pemilu hingga UU. Kami warga tinggal di rumah sambil menonton dari televisi saja, mana ada warga yang mau membakar-bakar dan merusak lingkungan sendiri? Lalu setelah itu kami tidak bisa olah raga karena gas air mata, dan anak-anak bingung mau sekolah atau tidak.

Di hari Kesaktian Pancasila ini sebenarnya acara yang tepat adalah upacara, bukan demo anarkis. Upacara memberikan penghormatan buat para penggagas Pancasila dan pahlawan yang gugur demi mempertahankan NKRI dan Pancasila. Pancasila pasti sesuatu yang berharga, karena ada orang-orang hebat yang bersedia mati untuk mempertahankannya.

Pancasila bukan ide sembarangan yang datang tiba-tiba. Ketika Prof. Notonagoro menyebut Soekarno sebagai 'pencipta Pancasila', Soekarno berkata bahwa ia lebih setuju disebut sebagai 'penggali Pancasila'. “Aku bukan pencipta Pancasila. Pancasila diciptakan oleh bangsa Indonesia sendiri. Aku hanya menggali Pancasila daripada buminya bangsa Indonesia. Pancasila terbenam di dalam bumi bangsa Indonesia 350 tahun lamanya. Aku gali kembali dan aku persembahkan Pancasila ini di atas persada bangsa Indonesia kembali”.

Jadi sebenarnya, Pancasila adalah identitas kita. Sebagus apapun ideologi impor, tidak akan cocok dengan budaya bangsa kita.

Dunia mengaggumi Pancasila karena bisa mempersatukan bangsa yang sangat beragam seperti kita. Sejarah mencatat, sejak 1991 ada 3 negara terpecah oleh konflik yang disebabkan bahasa, ekonomi, dan agama. Hasilnya, 23 negara baru dengan warisan konflik yang berkepanjangan. Persatuan mahal harganya. Mari jaga Pancasila!

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.