Joker

Bookmark this
February 11, 2020 By Esther Idayanti

Film Joker menuai berbagai kontroversi. Beberapa penonton di Inggris menulis bahwa mereka keluar di tengah film karena film ini terlalu mengerikan dan membuat kekejaman menjadi nyata. Bioskop lain di Amerika terpaksa ditutup karena menerima ancaman. Di New York, seorang penonton digiring keluar akibat membuat takut penonton lainnya, karena ia meludah dan bertepuk tangan dengan keras setiap kali Joker membunuh seseorang. Sedangkan di berbagai bioskop, polisi disiagakan untuk mencegah orang melakukan kekerasan karena terinspirasi film tersebut. Herannya, film ini diperkirakan mendapatkan pemasukan sebesar $ 92 juta hanya dalam beberapa hari.

Ada orang-orang tertentu yang berkata bahwa itu hanya sebuah film, tidak membahayakan. Tetapi temuan psikologi berkata sebaliknya. Emanuel Tanay, MD, profesor psikiatri dari Wayne State University, mengatakan bahwa kekerasan di media telah meningkat dan mencapai tingkat “bahaya.” Anda menonton film di bioskop, televisi, atau bermain game, semua menayangkan kekerasan. Terjadi distorsi terhadap realita, dan ketika seseorang hidup dalam dunia seperti ini, hal ini akan menjadi realitanya. Tanay menambahkan, “Semua yang mempromosikan sesuatu bisa dikatakan sebagi propaganda.” Jadi film dapat menjadi propaganda untuk kekerasan, dengan membuat orang tidak lagi sensitif dan membuat hal tersebut sebagai hal yang “biasa.”

Walaupun usia saya sudah lebih dari 17 tahun, tetapi saya tidak akan menonton film-film tertentu. Saya tidak mau merekam hal-hal yang akan merusak kemampuan saya untuk menikmati hidup. Baik itu merusak nurani, membuat saya kebal terhadap kekerasan, atau merusak otak dengan pornografi yang terbukti mengubah sistem kimia di otak. Satu lagi, film horor yang merusak iman karena menenamkan ketakutan dan membesarkan dunia roh jahat, lebih dari kekaguman pada kebesaran Tuhan. (Esther Idayanti).

ANDA MENJADI SEPERTI YANG ANDA TONTON. PILIH DENGAN BIJAK.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.