Kagum

Bookmark this
March 17, 2020 By Esther Idayanti

Saya mengaggumi banyak orang. Orang yang pandai bergaul dan nyaman di tengah orang banyak. Orang yang berpikiran maju. Orang yang berani mengambil risiko. Orang yang peduli dan memikirkan orang lain. Kita semua punya orang atau tokoh yang kita kagumi. Thomas Mann berkata, “Saya selalu menjadi pengagum orang lain... Saya tidak tahu saya akan menjadi seperti apa tanpa hal ini.” Memang mengagumi orang lain bisa menjadi batu loncatan yang menantang kita untuk membangun nilai-nilai yang baik, seperti yang kita kagumi dalam diri orang tersebut.

PILIH ASPEK TERTENTU yang ingin Anda bangun, yang rasanya masih “terjangkau.” Maksudnya pilih hal yang menginspirasi Anda tapi tidak membuat Anda frustrasi karena berada jauh di luar jangkauan. Bahkan Anda bisa belajar dari seseorang yang sudah meninggal dengan cara membaca biografinya.

AMATI DAN IKUTI berita mengenai dia, wawancara yang pernah ia lakukan, karya-karyanya, dll. Anda bisa mempelajari dengan teliti strategi kehidupan dan pemikirannya, untuk dikembangkan dalam hidup Anda. Bukan berarti Anda mengidolakan dia seperti seorang remaja yang memasang poster bintang film favoritnya, tetapi Anda mengumpulkan ide untuk dipelajari.

TETAP ORISINIL. Jangan berpikir, “Ah, aku tidak bakal bisa seperti dia,” karena memang Anda tidak perlu menjadi “copas-nya” alias persis seperti dia. Kita mengambil nilai-nilai atau kelebihan orang itu, lalu mengolahnya menjadi versi kita sendiri. Mengaggumi bukan berarti menjadi duplikatnya.

Kita dianggap “lulus” bila dapat mengaggumi orang lain tanpa menjadi rendah diri atau merasa iri atas kelebihannya. Kekaguman Anda adalah sebuah alat untuk meningkatkan ketrampilan dan membangun potensi terbaik dari dalam diri Anda. Kata orang, “Mencintai adalah mengagumi dengan hati; dan mengagumi adalah mencintai dengan pikiran.” (Esther Idayanti)

KAGUMI KECANTIKAN ORANG LAIN TANPA MEMPERTANYAKAN KECANTIKANMU.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.