Kasih Yang Semakin Dingin

Bookmark this
March 26, 2019 By Pdt Rubin Ong

Kasih Yang Semakin Dingin

Ayat : Matius 24: 4,12-14

Matius 24 : 4,12, 13, 14 Jawab yesus kepada mereka :” Waspadalah supaya jangan ada ornag yang menyesatkan kamu!
(12) Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.
(13) tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
(14) Dan injil Kerajaannya akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesuadah itu barulah tiba kesudahannya.”

Di akhir jaman ini ada hal yang harus kita perhatikan lebih yaitu kasih yang semakin dingin. Yesus mengatakan supaya kita WASPADA (ayat 4) artinya Yesus fokus kepada sikap hati kita menjelang kedatanganNya untuk kedua kalinya. Banyak orang yang tidak sampai akhir karena himpitan, tekanan hidup yang begitu luar biasa menjelang kedatanganNya. Akhir- akhir ini banyak orang yang tidak peduli satu dengan yang lain karena Alkitab berkata kasih kebanyakan orang semakin dingin.

Kenapa kasih semakin dingin?
1. Orang tidak kuat dalam penyembahan.
Penyembahan adalah sikap hati yang bergantung total kepada Tuhan di semua keadaan. Tuhan tidak cari penyembahan namun Tuhan cari penyembah yang hatinya fokus sama Dia. Tuhan tidak cari pujian tapi pemuji.
Banyak orang yang tidak kuat dalam penyembahan, pada akhirnya terjebak dalam sistem dunia.
Wahyu 13:16-18 di ayat ini menceritakan bahwa banyak orang yang fokusnya sudah tidak kepada Yesus karena sudah melekat pada mamon dan memakai sistem antikris (sistem dunia). Mamon (uang) harus menjadi hamba, jika menjadi tuan akan berbahaya bagi kita.
2 Korintus 8:1-4 ayat ini adalah contoh kasih karunia yang berlimpah – limpah. Orang – orang Makedonia adalah orang – orang yang level penyembahannya berbeda karena dalam keadaaan sulit sekalipun (sangat miskin), mereka tetap sukacita dalam pelayanan.
2. Kita kekurangan fellowship di antara kita.
Loyalitas, tingkat orang dalam berkomitmen semakin menurun karena merasa paling mampu, besar di bandingkan orang lain. Loyalitas juga bisa menurun karena sistem dunia yang semakin canggih, mengakibatkan orang lebih suka mendengarkan kotbah di rumah dengan youtube di bandingkan datang ke gereja dan berfellowship.
Tekhnologinya Tuhan adalah kesatuan. Tuhan mau kita mempunyai hubungan satu dengan yang lain dan berbagi hidup satu dengan yang lain (1 Korintus 12:13).
Orang yang punya hati fellowship adalah :
a. Kita lebih penting di bandingkan aku lebih penting.
b. Menilik hati kita untuk berubah di bandingan menuntut orang untuk berubah.
c. Kita tidak melihat orang lain dari kekurangannya tapi dari kelebihannya.
1 Timotius 3:14-15 di katakan orang harus hidup sebagai keluarga karena di dalam keluarga ada kejujuran, sharing dari hati ke hati di mana bisa ketawa dan nangis bersama.

Lawan kasih yang dingin adalah perkuat penyembahan dan perkuat fellowship. Biarlah kasih kita terus menyala di akhir jaman ini.

 

Note: Kotbah di sadur dari GBI Sudirman

Written by

Pdt Rubin Ong



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.