Kata-kata

Bookmark this
April 30, 2020 By Esther Idayanti

Menurut statistik, manusia menghabiskan seperlima dari hidupnya untuk bicara. Bila ditulis, maka perkataan 1 hari bisa menjadi buku setebal 50 halaman, dan kata-kata setahun menjadi 132 buku yang masing-masing tebalnya 200 halaman! Bila orang membaca “buku” atau novel hasil perkataan kita, apakah mereka akan terus membacanya, atau mereka akan segera meletakannya? Kata-kata apa yang ada di “buku” kita? Kita bisa ucapkan:

APRESIASI. Ucapan terima kasih dan apresiasi sangat mudah, tetapi sangat berharga. Kata William Ward, merasa bersyukur tetapi tidak menyatakannya adalah seperti membungkus sebuah kado tetapi tidak pernah memberikannya. Siapa orang yang perlu Anda beri apresiasi? Ambil waktu untuk kirim wa, dan ungkapkan apresiasi Anda.

AFIRMASI. Afirmasi adalah kata-kata dukungan tentang kelebihan seseorang, yang membantunya melihat hal-hal yang baik tentang dirinya, sebab sangat mudah bagi seseorang untuk melihat keburukan lebih dari kelebihan yang ia miliki. Afirmasi menolong orang itu melihat bagaimana ia dapat berguna dan membawa pengaruh. “Kamu sangat kreatif.” “Mama lihat kamu dapat memimpin teman-temanmu.” “Kalau Anda menjelaskan, saya bisa mengerti dengan gampang. Anda guru yang baik.”

PUJIAN. Pujian merupakan ungkapan kekaguman, terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan karakternya. Orang tidak berubah karena kritikan tajam, tetapi karena pujian. Pujian membuat seseorang ingin mengulangi perbuatan/sikap yang dipuji. “Saya sangat terkesan dengan kejujuran Anda.” “Bagus sekali rencana ini, kamu pasti kerja keras untuk menyiapkannya.”

DORONGAN. Dorongan adalah kata-kata yang memberi semangat. Banyak orang memiliki impian, tetapi mereka belum mencapainya karena ada keraguan. Dorongan membawa seseorang selangkah lebih dekat pada impiannya. Dorongan juga membantu orang untuk kuat dalam menghadapi tantangan dan tetap bersemangat, “Kamu pasti bisa.” “Aku berdoa untuk kamu.” (Esther Idayanti)

PUJIAN SEPERTI MATAHARI, MEMBANTU SEMUA HAL UNTUK BERTUMBUH. (Croft M. Pentz)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.