Kebenaran dan Kasih

Bookmark this
February 23, 2019 By Esther Idayanti, M.A.

KEBENARAN DAN KASIH

Semua pasien ingin dokternya berkata, “Anda baik-baik saja,” lalu pulang dengan ringan. Tetapi bila dokter itu tahu bahwa pasiennnya menderita penyakit parah dan diam saja, maka ia akan dituntut malpraktek. Seberat apapun faktanya, dokter harus mengatakan kebenaran, bukan membuat pasien merasa nyaman. Karena hanya dengan mengerti kebenaran, sang pasien akan berobat dengan seharusnya sehingga ia sembuh. Hanya di atas kebenaran kita dapat membangun kehidupan yang kokoh. Tetapi di sisi satunya, kita perlu mengatakan kebenaran dalam kasih yang tulus. Kebenaran dan kasih, dua hal yang tidak boleh dipisahkan.

TIDAK BISA MENGASIHI TANPA KEBENARAN. Mungkin mengejutkan, menyinggung, menyakitkan, tetapi tanpa kebenaran, hidup adalah kepura-puraan. Lebih baik mendengar kebenaran yang menyakitkan dari seorang teman, daripada pujian palsu seorang musuh. Tetapi ada orang-orang yang terlalu takut mengatakan kebenaran. Pornografi disebut hiburan, LGBT disebut gaya hidup, perzinahan disebut “affair”, aborsi disebut hak atas tubuh, menyebarkan fitnah disebut kampanye. Padahal semua itu “dosa”. 

TIDAK BISA MENYAMPAIKAN KEBENARAN TANPA KASIH. Di sisi ekstrim satunya, beberapa orang ingin menegakkan kebenaran yang mereka percayai tanpa kasih sedikit pun. Kalau tidak cocok, sikat. Kalau salah, tebas. Ia menganggap bahwa ia tahu seluruh kebenaran sehingga berhak menjadi hakim dan eksekutor bagi orang lain yang berbeda darinya. Namun kebenaran yang disampaikan dengan cara ini sangat tidak menarik. Kemungkinan besar orang tidak akan menerima apa yang kita sampaikan, walaupun hal itu benar. 

Hanya Tuhan yang memiliki kebenaran sempurna tetapi bisa mengasihi kita apa adanya. Karena itu hanya Dia yang berhak menghakimi setiap manusia. Bagian kita adalah mengasihi orang yang memiliki pandangan dan gaya hidup yang berbeda, tanpa harus membenarkan apa yang yang diyakininya. Toleransi, tapi tidak kompromi. (Esther Idayanti)

BELAJAR UNTUK MEMBANGUN HUBUNGAN SEBELUM MENGKOREKSI.



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.