Kesempatan Dalam Kesempitan

Bookmark this
May 15, 2020 By Esther Idayanti, M.A.

Saat ini semua sedang mengalami “kesempitan” tetapi ada beberapa orang yang bisa menemukan “kesempatan.” Bagaimana menemukan kesempatan dalam kesempitan?

BERADAPTASI. Tidak semua yang Anda lakukan di masa tenang dapat diaplikasikan di masa krisis, karena semua telah berubah. Keadaan ekonomi, masyarakat, dan dunia berubah. Orang yang bersikeras tidak mau berubah akan tertinggal.

FOKUS PADA KEBUTUHAN ORANG LAIN. Semua penemuan dan penjualan pada intinya hanya satu, yaitu untuk memberi solusi dan memenuhi kebutuhan orang. Pikirkan apa kebutuhan orang di saat pandemi seperti ini, dan bagaimana Anda bisa mengambil bagian di dalamnya.

BERJUANG. Para pahlawan lahir di tengah peperangan. Para penemu/ilmuwan dilahirkan di tengah kesulitan. Perang atau kesulitan menjadi penentu, apakah kita menjadi “pahlawan” atau kita menjadi tukang komplain dan pengkritik. 

BERSYUKUR. Orang yang tetap bersyukur di masa krisis akan bertahan, bahkan berkembang. Karena ketika orang lain menangisi apa yang hilang, ia dapat melihat apa yang “masih” ia miliki, sehingga ia bisa mengelolanya untuk dimanfaatkan atau dikembangkan. Semua orang mengalami dampak Covid-19, ada yang mengeluh tanpa henti, tetapi ada yang bersyukur walaupun keadaannya mungkin lebih buruk daripada mereka yang mengeluh. Jadi, bersyukur adalah sebuah pilihan pribadi yang tidak tergantung keadaan. Ambil keputusan untuk bersyukur dan pikirkan: apa yang masih Anda miliki saat ini?

Seorang petani sakit dan dirawat di ICU lalu koma. Setelah beberapa saat, ia mulai sadar dan bertanya pada suster, tanggal berapa saat itu. Suster menjawab “1 Mei.” Mendadak mata petani itu bersinar-sinar, “Wah sudah musim panen, aku tidak boleh mati!” Walaupun dunia saat ini dalam ICU, tetapi sebenarnya di luar sana sedang ada panen, bagi mereka yang bisa melihat kesempatan dalam kesempitan. (Esther Idayanti)

KEMENANGAN TERJADI KETIKA KITA DAPAT MENEMUKAN KESEMPATAN DALAM MASALAH



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.