Ketagihan

Bookmark this
May 15, 2020 By Esther Idayanti, M.A.

KETAGIHAN

Seorang remaja (17 tahun) asal Thailand meninggal dunia di kamarnya akibat serangan stroke setelah semalaman bermain video game tanpa henti. Ia memang sering lupa waktu bila bermain game, sehingga orangtuanya perlu mengantarkan makanan ke kamar anaknya sambil membujuknya berhenti main game. Bukan hanya remaja ini, di China juga ada pria yang meninggal dengan penyebab yang sama. Rupanya bukan cuma narkoba yang bisa membuat ketagihan, tetapi bermain game, makan, rokok, medsos, bahkan olah raga bisa membuat seseorang ketagihan.

Menurut penelitian, ketagihan adalah semacam “penyakit” akibat perubahan kimia dalam otak. Otak kita mengeluarkan hormon dopamin yang memberikan rasa senang ketika kita melakukan sesuatu yang kita sukai. Hal itu normal. Tetapi ada orang yang mengulangi hal itu berkali-kali untuk mendapatkan perasaan yang sama, dan ia kemudian meningkatkan dosisnya karena dosis lama sudah tidak terasa lagi dampaknya. Lalu ia menjadi ketagihan. Apa tandanya ketagihan? Penggunaan di luar batas yang merusak kesehatan, hubungan, pekerjaan, dan kehidupan normal seseorang. 

Di rumah sakit, narkoba digunakan untuk mengurangi rasa sakit, tetapi setelah pasien pulang, ia tidak ketagihan. Ada pemicu mengapa seseorang ketagihan. Sebenarnya ketagihan adalah pelampiasan seseorang untuk melarikan diri dari sesuatu, entah itu kesepian, kekosongan, kerapuhan atau kepedihan dalam hati. Lalu seseorang bergantung pada sesuatu untuk membuat dirinya merasa nyaman. Akar dari semua jenis kecanduan adalah rasa sakit (pain) dalam hati. Kemungkinan besar para pecandu menyadari masalah mereka, tetapi mereka tidak mampu untuk berhenti. Butuh bantuan pakar dan dukungan orang di sekitarnya. Dan butuh penerimaan serta kasih tanpa syarat dari kita yang mengenalnya. (Esther Idayanti)

KETAGIHAN ADALAH KETIKA ANDA TIDAK MERASA CUKUP UNTUK MENDAPATKAN APA YANG SEBENARNYA ANDA TIDAK INGINKAN LAGI



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.