Khawatir

Bookmark this
February 11, 2020 By Esther Idayanti

Setiap orang pasti punya kekhawatiran. Sebenarnya khawatir adalah sebuah sistem yang perlu ada, supaya kita berhati-hati dan bersiap-siap untuk masa depan. Karena khawatir tidak lulus, kita belajar. Karena khawatir akan masa depan, kita menabung. Tetapi ada kekhawatiran yang melumpuhkan. Kekhawatiran macam ini yang harus dibereskan. Caranya:

DUA KOLOM. Buat dua kolom dan tulis kekhawatiran Anda. Di kolom pertama, tulis hal-hal yang Anda khawatirkan, tetapi tidak di bawah kekuasaan Anda, contohnya: pemanasan global, ekonomi dunia, keamanan negara dll. Di kolom satunya, tulis kekhawatiran yang di bawah kuasa Anda, contohnya khawatir tidak lulus, khawatir presentasi di kantor besok, khawatir tingkat kolesterol naik lagi. Setiap hari Anda boleh mengkhawatirkan kolom yang pertama selama 5 menit, lalu berhenti. Kemudian, lakukan sesuatu untuk mengatasi kekhawatiran yang ada di kolom kedua.

BERPIKIR RASIONAL. Kalau Anda merasa khawatir, coba pilah-pilah kekhawatiran Anda. Mana yang masuk akal (rasional), mana yang tidak rasional. Tidak semua pikiran dan perasaan Anda bisa dipercaya. Karena itu, Anda perlu “keluar” dari diri Anda dan mengkritisi pikiran dan perasaan Anda. Contohnya, Anda takut ditodong. Coba pikirkan, berapa besar kemungkinan ditodong di siang hari bolong di tengah keramaian? Berapa banyak kejadian penodongan yang tercatat secara statistik? Sebagian besar ketakutan kita tidak terjadi karena memang tidak rasional.

MENGALIHKAN FOKUS. Daripada khawatir, lebih baik mendengarkan musik, berolah raga, membaca buku yang menyenangkan, membereskan rumah, atau melakukan sesuatu sehingga Anda tidak ada waktu untuk melamun dan memikirkan kekhawatiran Anda. Lebih baik lagi bila Anda berdoa dan menyerahkan kekhawatiran Anda pada Dia yang sanggup melindungi dan memelihara Anda. (Esther Idayanti)

KEKHAWATIRAN TIDAK MENGHILANGKAN MASALAH ESOK HARI. NAMUN MENGHILANGKAN KETENANGAN HARI INI.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.