Komplain

Bookmark this
January 28, 2020 By Esther Idayanti

Eunice Sanborn menjadi salah satu orang tertua yang pernah hidup di dunia. Ia berusia 114 tahun ketika ia meninggal tahun 2010. Eunice pernah berkata, bahwa ia suka semua hal tentang hidupnya, dan ia tidak ada komplain. Kalau ia suka komplain, sudah pasti dalam 114 tahun hidupnya banyak hal yang bisa dikomplain!

Yang paling merugikan tentang komplain adalah hal itu tidak menyelesaikan masalah apa pun. Sebenarnya, orang komplain bukan karena ada hal yang tidak menyenangkan, tetapi karena mereka mencari empati dari orang lain, atau mereka mencari dukungan dari sebuah kelompok. Lihat saja, orang yang selalu komplain terhadap kantornya, lingkungannya, atau pemerintah saat ini, selalu punya kelompok yang bicaranya sama.

Apakah berarti pemerintah selalu benar, dan kita tidak boleh komplain? Tidak juga. Apakah hidup selalu menyenangkan jadi kita dilarang komplain? Bukan begitu. Bahkan kalau hidup menyenangkan pun, masih ada orang yang komplain.

Komplain adalah tentang sikap, bukan tentang keadaan. Komplain adalah tentang hati. Kata William Arthur Ward, lidah yang kerap komplain menyatakan hati yang tidak bersyukur. Kalau Anda tidak menyukai sesuatu, ubah hal itu. Kalau Anda tidak bisa mengubahnya, ubah sikap Anda. Jangan komplain! (Esther Idayanti).

PARA PEMENANG TIDAK PERNAH KOMPLAIN, MEREKA TERLALU SIBUK UNTUK MENJADI LEBIH BAIK (John Wooden).

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.