Leader is Our Mission


Leader is Our Mission

John Maxwell berkata: “Rahasia jatuh bangunnya sebuah organisasi terletak pada pemimpinnya.” Pernyataan ini terbukti ketika sebuah tim olah raga yang selalu kalah tidak akan mengganti pemainnya, tetapi akan segera mengganti pelatih yang memimpin tim tersebut. Perusahaan Fortune 500 jika mengalami kerugian terus menerus tidak akan memberhentikan karyawannya, tetapi akan mengganti CEOnya. Jika pemimpin lemah maka organisasi menjadi lemah, dan jika pemimpin kuat maka organisasi menjadi kuat,. Kunci sukses untuk sebuah organisasi untuk berkembang, terus naik dan tidak pernah turun terletak pada setiap pemimpinnya. Banyak pemimpin yang ditaruh di posisi kepemimpinan, tetapi tidak bisa memimpin. Membangun pemimpin bukanlah hal yang mudah, tetapi hal ini harus dilakukan untuk setiap organisasi untuk berkembang. Evaluasilah dengan teliti setiap pemimpin yang ada di perusahaan anda, karena merekalah yang menentukan maju mundurnya perusahaan yang anda pimpin. Kepemimpinan adalah hal yang sulit untuk dimiliki dan dilakukan, dan kadangkala kepemimpinan adalah sebuah hal yang penuh dengan kompleksitas, tetapi kepemimpinan adalah sesuatu yang bisa dipelajari dan dikembangkan di dalam diri seseorang. Untuk mengembangkan kepemimpinan kita perlu menginvestasikan waktu, tenaga dan pikiran sehingga kapasitas kepemimpinan kita bisa menjadi lebih besar. Semua orang bisa menjadi pemimpin! Berikut ini adalah tips singkat untuk bisa membangun pemimpin di dalam organisasi anda:

1. Bangunlah hubungan

Setiap organisasi yang unggul pasti memiliki program dan target untuk bisa mencapai visi organisasi tersebut. Semua orang yang bekerja didalamnya dari pemimpin sampai staf karyawan akan bekerja keras untuk mencapai visi tersebut. Ketika program dan target tahun ini tercapai, tahun depan program dan target akan semakin besar. Tahun depan akan lebih besar lagi, dan tahun depannya akan lebih besar lagi sesuai dengan visi perusahaan yang progresif yang terus bergerak. Tidak ada salahnya dengan program dan target yang terus meningkat. Tetapi proses ini bisa menjadi proses yang penuh dengan tantangan karena harus meluangkan banyak pikiran, daya, waktu, dan pengorbanan lainnya. Tidak ada salahnya dengan visi yang progresif. Tetapi jangan melupakan dasar utama dari kepimpinan, yaitu hubungan. Semakin progresifnya sebuah visi, seringkali sebagai pemimpin kita terjebak dengan program dan melupakan hal yang terpenting yaitu hubungan dengan pemimpin dibawah kita. Ingatlah bahwa setiap manusia diciptakan sebagai mahluk sosial yang memerlukan hubungan. Visi yang progresif memerlukan hubungan yang progresif juga. Semakin besarnya sebuah visi memerlukan hubungan yang lebih dekat dengan pemimpin lainnya, karena hubungan yang baik adalah motivator yang paling besar didalam kehidupan seorang pemimpin. Ketika anda mengejar setiap impian dan visi yang diberikan untuk organisasi anda, jangan korbankan hubungan dengan pemimpin-pemimpin yang ada dibawah anda, karena kesibukan yang harus dilakukan. Mari luangkan waktu untuk membangun hubungan yang berkualitas dengan lainnnya, beranikan diri anda bertanya hal-hal yang pribadi! Ambillah waktu untuk makan bersama, piknik bersama dan bersenang-senang bersama!

2. Belajarlah menjadi komunikator yang baik

Visi yang progresif akan membawa perubahan yang dinamis. Perubahan memerlukan komunikasi yang interaktif dan berkesinambungan. Donal Petersen, President dan CEO dari Ford Motor Company mengatakan: setiap pemimpin haruslah berhubungan dengan karyawannya dan berkomunikasi dengan mereka setiap hari. Belajarlah menyampaikan visi yang progresif dengan kata-kata yang memberikan inspirasi dan mendorong. Belajarlah menyampaikannya dengan kata-kata yang sederhana, sehingga semua orang bisa menangkapnya dan menjadikan visi itu milikinya. Untuk berkomunikasi dengan baik seorang pemimpin haruslah menjadi seorang pendengar yang baik. Belajarlah membuka hati dan dengarkan pemimpin dibawah anda. Jangan membuat asumsi atau keputusan sebelum mendengarkan mereka secara menyeluruh. Ketika anda belajar mendengar anda pasti akan terkejut bagaimana orang bisa lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaannya bahkan tanpa anda mengucapkan kata-kata. Setiap orang memerlukan pribadi yang mau mendengar, mengerti, peduli dan menerima mereka apa adanya. Kapan terakhir kali anda meluangkan waktu hanya untuk mendengar mereka?

3. Berilah penghargaan

Sebuah survey menunjukkan bahwa setiap orang memerlukan penghargaan lebih dari sekedar uang. Frances Hesselbein, President dari The Drucker Foundation mengatakan bahwa setiap orang ingin merasakan bahwa mereka membuat suatu perbedaan. Mengetahui bahwa apa yang anda lakukan adalah hal yang penting dan sangat dihargai orang banyak akan menjadi motor penggerak untuk maju dan berkarya setiap hari. Belajarlah memberi pujian kepada yang lainnya karena memberi pujian itu mudah dilakukan. Lakukanlah dengan ketulusan hati dan bagikan sebanyak-banyaknya ! Galilah tambang emas didalam diri orang lain dengan kata-kata yang positif dan membangun. Untuk menjadikan visi organisasi anda menjadi kenyataan, kita harus menjadikan pemimpin sebagai misi kita yang utama!

Be the first to review this item!


Bookmark this

Browse by category