Meeting

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Apa pekerjaan Anda? Seorang eksekutif menjawab, “Meeting.” Dari pagi hingga sore jadwal penuh dengan meeting. Menurut riset, jumlah dan lama meeting meningkat dalam 50 tahun terakhir, menjadi 23 jam per minggu untuk meeting. Ini belum termasuk meeting mendadak. Mungkin karena zaman sekarang orang menghargai teamwork, sehingga mereka mengadakan meeting demi meeting.

Meeting memang penting untuk mendorong kolaborasi, kreativitas dan inovasi. Diharapkan dalam meeting terbina hubungan dan ada pertukaran informasi penting. Tetapi, menurut survey Harvard Business Review, 65% dari para senior manager mengatakan bahwa meeting justru membuat mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya. Dan 71% berkata meeting ternyata tidak produktif dan tidak efisien. Selain itu, meeting yang tidak efektif mengurangi semangat/kepuasan staf. Bagaimana mengatur meeting yang efektif?

TETAPKAN TUJUAN. Contohnya isu dan keputusan yang perlu diselesaikan, dan progres/hal-hal yang perlu ditampilkan sehingga peserta merasa ada kemajuan-kemajuan dari hasil meeting yang lalu.

SIAPKAN. Pastikan peserta mengerti apa yang akan dibahas, bila perlu email pembahasan sebelum meeting, supaya mereka dapat berpikir. Karena menurut survei 64% eksekutif mengatakan bahw meeting mengorbankan waktu mereka untuk berpikir secara mendalam. Selain itu, hindari meeting dengan mengangkat isu-isu baru yang tidak dimengerti peserta, lalu ditutup tanpa penyelesaian, sehingga peserta merasa waktu mereka terbuang sia-sia.

HINDARI EMOSI NEGATIF. Satu hal yang paling tidak efektif dalam meeting adalah menyalahkan pihak lain. Bicarakan “apa” yang salah dan bagaimana memperbaikinya bukan “siapa” yang salah. Hindari intimidasi dan emosi negatif yang membuat orang enggan ikut meeting atau diam saja saat meeting.

ACTION PLAN. Akhiri dengan rangkuman langkah-langkah yang perlu dilakukan, pihak yang bertanggung jawab, dan deadline-nya. Have a great meeting!

SAYA BERHASIL MELALUI MEETING YANG SEHARUSNYA BISA DISELESAIKAN DENGAN SEBUAH EMAIL.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.