Membakar Stadion - Kemarahan

Bookmark this
February 11, 2019 By Esther Idayanti, M.A.

MEMBAKAR STADION

Tahun 1894 tim baseball Baltimore datang ke Boston untuk bertanding. Di tengah-tengah pertandingan, pemain dari Baltimore bertengkar dengan pemain dari Boston. Pertengkaran ini begitu sengit, tidak hanya di lapangan namun merembet ke penonton. Suporter dari masing-masing tim saling berteriak dan keadaan menjadi sangat kacau. Tiba-tiba ada sekelompok orang membakar sesuatu di bawah bangku-bangku kayu tersebut, sehingga seluruh stadion terbakar dan api menjalar ke 107 gedung lain di Boston, mengakibatkan 1900 orang kehilangan tempat tinggal.

Dari konflik kecil di satu tempat, satu distrik kota hangus terbakar. Ini yang seringkali terjadi dalam penikahan, keluarga atau di tempat kerja bila kita tidak menangani konflik dengan benar. Urusan sepele berakhir dengan permusuhan keluarga, perceraian, atau kehancuran bisnis.

Bukan berarti kita berpura-pura tidak ada konflik atau menghindari konflik, karena hal ini seperti mengocok sebotol soda sehingga tekanan menjadi sangat besar, sehingga isinya tersembur ke luar ketika tutup dibuka. Mendiamkan tidak menyelesaikan konflik.

Selesaikan konflik dengan pandangan bahwa Anda berada dalam satu tim, bila stadion terbakar, Anda juga berada di dalamnya! Kadang menjaga perdamaian lebih penting daripada menang dan berkata “Aku yang benar!” terutama dalam rumah tangga. Tetapi emosi seringkali memperdaya. Kita mungkin dibesarkan dengan konsep bahwa hidup adalah sebuah kompetisi dan harga diri kita ditentukan oleh kemenangan serta tepukan tangan para penonton. Kenyataannya hidup tidak selalu berupa pertandingan, seringkali justru kesepakatan untuk menang bersama.

Sebenarnya konflik adalah sebuah kesempatan untuk memperbaiki keadaan dan mencari penyelesaian demi kemajuan bersama. Dan yang terpenting, konflik menjadi kesempatan untuk menunjukkan bahwa kasih dan kemurahan dapat menang di atas kebencian (Esther Idayanti)

"SANGAT MUDAH UNTUK MENGALAHKAN SESEORANG, TETAPI SANGAT SULIT UNTUK MEMENANGKANNYA"



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.