Mencintai Kebenaran

Bookmark this
March 17, 2020 By Esther Idayanti

Ketika membaca koran online dari Inggris, saya terkejut karena mereka memuat berita yang akhir-akhir ini memenuhi media kita, yaitu mengenai hamil di kolam renang lengkap dengan meme-nya. Sebenarnya orang bisa dengan mudah mengetahui mana yang benar dan salah, fakta dan hoax. Tapi masalahnya, tidak semua orang mencintai kebenaran dan berpegang pada hal itu. Dan orang bisa tertipu oleh kebohongan yang diucapkan berulang-ulang.

Ada orang yang percaya pada kebohongan, karena mereka ingin mendapatkan keuntungan. Kebohongan memberi posisi, kepopuleran, dan kesempatan bagi mereka untuk mewujudkan impian. Sedangkan realita yang ada tidak memungkinkan untuk hal itu.

Ada juga orang yang tetap percaya, padahal ada bukti bahwa ia dibohongi. Contohnya, orangtua yang menemukan sedikit narkoba di laci anaknya, tetapi percaya bahwa anaknya bukan pecandu. Atau seseorang yang percaya bahwa pacarnya setia, padahal ia membaca wa mesra di HP sang pacar. Mengapa kita tetap percaya pada seseorang, bahkan ketika kita memiliki bukti bahwa orang itu sedang membohongi kita? Menurut Dr. Paul Ekman dalam bukunya “Telling Lies,” kita ingin percaya bahwa seseorang mengatakan kebenaran karena orang itu penting bagi kita. Kita ingin menghindari kepedihan ketika menyadari bahwa seseorang yang kita percayai ternyata berbohong sehingga kita tidak bisa lagi percaya padanya.

Pada akhirnya, orang-orang yang memilih kebohongan akan kehilangan kapasitas untuk mengerti mana kebenaran dan mana kebohongan, karena kebenaran tidak lagi ada nilainya bagi mereka. Memang sebagai manusia, kita mudah terseret untuk melakukan kebohongan atau percaya pada hal itu. Tetapi kita bisa memohon pada Tuhan, Sang Kebenaran, untuk menolong kita berjalan pada kebenaran, kejujuran, dan integritas. Bagian kita adalah mencintai kebenaran, walaupun hal itu mungkin menyakitkan. (Esther Idayanti)

LEBIH BAIK DITAMPAR OLEH KEBENARAN, DARIPADA DICIUM OLEH KEBOHONGAN.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.