Menciptakan Kebahagiaan

Bookmark this
February 11, 2020 By Esther Idayanti

Bila ada dua orang, yang satu menang lotre Rp. 1 milyar dan yang satunya mendadak lumpuh, mana yang lebih bahagia? Orang pasti menjawab bahwa pemenang lotre tentu lebih bahagia. Setelah setahun berlalu, kira-kira siapa yang lebih bahagia? Ternyata menurut penelitian, tingkat kebahagiaan keduanya adalah sama! Bagaimana mungkin?

Penelitian menunjukkan bahwa manusia punya kemampuan yang besar untuk mengatasi hal-hal yang tidak menyenangkan dengan mekanisme “synthetic happiness” atau kebahagiaan sintetis (buatan). Menurut profesor psikologi dari Harvard, Dan Gilbert, ada dua macam kebahagiaan, yang natural dan yang sintetis, “Kebahagiaan natural terjadi ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, dan kebahagiaan sintetis adalah kebahagiaan yang kita ciptakan ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan.” Dan kabar baiknya, ternyata kebahagiaan sintetis ini sama baiknya dengan kebahagiaan yang natural.

BELAJAR MENIKMATI. Hidup yang bahagia tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi menikmati apa yang kita dapatkan. Kalau ternyata atasan menempatkan Anda di posisi yang sebenarnya tidak Anda sukai, Anda bisa belajar untuk menikmati. Kalau kehidupan keluarga ternyata tidak seperti yang Anda bayangkan, Anda bisa menyesuaikan ekspektasi dan menikmati apa adanya.

KEBAHAGIAAN DARI DALAM. Kalau kebahagiaan natural tergantung faktor luar (mendapatkan sesuatu), kebahagiaan sintetis bersumber dari dalam. Karena itu kebahagiaan sintetis bertahan lebih lama, dan lebih stabil. Kalau Anda bergantung pada hal eksternal untuk bahagia, kemungkinan besar Anda tidak bahagia. Tetapi kalau Anda belajar untuk berbahagia apapun yang terjadi, maka kebahagiaan itu lebih stabil.

Jadi bila Anda tidak bisa mendapatkan yang Anda inginkan, Anda tetap bisa berbahagia. Don’t worry, be happy! (Esther Idayanti)

JANGAN BIARKAN KEBAHAGIAAN ANDA BERGANTUNG PADA SESUATU YANG DAPAT HILANG. (C. S. Lewis)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.