Menerima

Bookmark this
April 08, 2019 By Esther Idayanti, M.A.

MENERIMA

Harriet Barnsley (26 tahun) ditabrak mobil ketika ia sedang menunggu bis bersama sahabatnya, Rebecca McManus. Rebecca meninggal di tempat, dan Harriet koma selama 6 minggu. Harriet baru saja lulus dari universitas, dan tabrakan itu merenggut masa depannya. Ia terpaksa menjalani 70 jam operasi, mengalami kelumpuhan, dan cedera otak.

Namun, walaupun Harriet mengalami hal yang sangat traumatis, ia memutuskan untuk tidak tenggelam dalam kemarahan dan putus asa. “Halyang terpenting adalah menerima apa yang terjadi pada diri Anda. Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin ‘move on’”, kata Harriet. 

TERIMA DIRI ANDA. Menerima berarti menghargai semua bagian dari diri Anda, termasuk semua kelemahan dan kekurangan. “Tujuan saya adalah untuk belajar hidup dengan cedera otak dan kelelahan. Bahkan bangun tidur tiap hari adalah tantangan yang sulit, apalagi hal-hal lain... termasuk duduk tegak di kursi,” kata Harriet. Ia belajar menerima dirinya.

TERIMA KENYATAAN. Tidak gampang menerima situasi yang sulit, tetapi menerima kenyataan merupakan langkah pertama supaya kita dapat mengatur ulang impian kita dan meraihnya. Kenyataannya, kita memang tidak bisa mengatur hidup kita seluruhnya. Ada hal-hal yang terjadi di luar kendali, itu juga harus diterima. Perjalanan bisa berubah, tetapi tujuan tetap sama, yaitu memberi dampak positif pada orang lain selama kita hidup. Sebelum kecelakaan, Harriet memulai kuliah S2 nya, namun saat ini ia mengubah haluannya, ingin mengedukasi masyarakat tentang cedera otak.

Menerima bukannya mogok hidup, putus asa, lemah dan pasif. Menerima adalah mengatakan kebenaran dan menjalani hidup seperti apa adanya. Kita berusaha meraih hal-hal di bawah kontrol kita, tetapi kita menerima hal-hal yang memang tidak bisa kita kontrol. Apapun yang terjadi, God is still in control. (Esther Idayanti)

KEBAHAGIAAN HANYA DAPAT HADIR DALAM PENERIMAAN. (George Orwell)



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.