Mengalah Itu Cerdas

Bookmark this
March 12, 2019 By Esther Idayanti, M.A.

MENGALAH

Mengalah sangat tidak populer. Soalnya kata dasarnya "kalah", siapa yang mau kalah? Kita mau jadi pemenang nomor satu. Kita ingin menuntut seluruh hak kita dan memastikan mendapat pengakuan bila kita memang benar. Tapi mari kita simak kisah berikut ini.

Etiopia dan Eritrea mengadakan pertemuan perdamaian pertama setelah 20 tahun bertikai. Perang antar kedua negara memakan korban 70.000 orang. Sebenarnya tahun 2000 sudah diupayakan perdamaian, tetapi Etiopia menolak ketetapan garis batas, sehingga kedua negara masih terancam perang.

Akhirnya tahun 2018, PM Etiopia yang baru menyetujui garis batas sehingga perdamaian tercapai, dan perdagangan antar kedua negara dimulai. Selain itu, dana militer bisa dikurangi untuk membangun jalan dan pendidikan. Yang penting juga, kedua negara sepakat membangun pelabuhan Eritrea, sehingga kini Etiopia tidak terkunci di daratan saja, tetapi mendapat akses laut. Ternyata mengalah juga penting dan menguntungkan! Kita perlu mengalah bila:

HARGA YANG DIBAYAR TIDAK SEBANDING. Kemungkinan perang lagi setelah kehilangan 70.000 nyawa tidak sebanding dengan sebidang tanah. Mungkin memang itu tanah mereka dan harga diri bangsa dipertaruhkan, tapi presiden Etiopia bisa melihat lebih jauh, yaitu nyawa manusia dan kemajuan. Dalam rumah tangga, apakah "merasa benar" sebanding dengan kestabilan emosi anak-anak kita? Apakah "harga diri" sebanding dengan perceraian dan masa depan anak-anak kita? Kadang keharmonisan hubungan lebih penting daripada ngotot bahwa kita yang benar.

URUSAN SEPELE. Urusan cara memencet odol dan menutup toilet bisa jadi rame. Tetapi kalau urusan kecil-kecil jadi bahan keributan, suatu saat bila ada urusan serius, masing-masing pihak sudah mengambil posisi, siapa menang siapa kalah alias “power struggle.” Akibatnya dua-duanya kalah, karena kehilangan penyelesaian terbaik. Mengalah untuk menang itu mundur satu langkah untuk maju lima langkah. (Esther Idayanti)

MENGALAH UNTUK MENANG ITU CERDAS



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.