Mengelola Kasih

Bookmark this
March 26, 2019 By Ps Philip Mantofa

Mengelola Kasih

Ayat : 1 Korintus 13:13
"Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih."


Kasih yang terbesar di antara segalanya. Uang bukanlah takaran perkenanan Allah karena uang adalah berkat yang termurah dari surga, berkat yang palng besar adalah KASIH.
Kasih Bapa-lah yang sempurna karena hanya Tuhan yang bisa mengasihi orang – orang di jalan bahkan orang jahat sekalipun. Kita punya kasih yang tidak sempurna namun kita harus mengelolah kasih Tuhan yang ada pada kita sehingga kasih yang ada dalam hidup kita terus bertumbuh dan mengembang ke kanan ke kiri. Tuhan memberikan hidup berkelimpahan artinya hidup yang penuh di mana bukan hanya sukses dalam materi namun sukses dalam hubungan.
Kenapa kasih harus di kelola?

1. Karena tidak semua orang punya kedekatan yang sama dengan kita.
Yesus punya 70 murid, 12 murid, 3 murid namun Yesus punya 1 yang dekat dengan Dia yaitu Yohanes. kita harus memperhatikan pondasi kita di mana pondasi harus kuat sebelum kita berada di atas oleh sebab itu jangan targetkan sukses namun targetkan sehat. Kita harus mempunyai target yaitu sehat terutama dalam hubungan. Hubungan suami – istri tidak harmonis, tidak bahagia, kecolongan dalam pernikahan karena tidak mengelolah kasih dengan benar. Prioritas utama dalam sebuah keluarga adalah kasih. Warisan terbesar dalam keluarga adalah bukan harta warisan namun hubungan keluarga yang harmonis di mana saling mengasihi satu yang lain karena itu merupakan pondasi yang kuat juga bagi anak – anak.

2. Agar kita mengerti bagaimana meresponi setiap orang dengan benar.
Kita harus tahu dan mengerti bagaimana cara membagi waktu dalam hidup kita. Contoh : jangan sampai kita pelayanan hebat di luar namun keluarga kita terlantar.
Quality time dengan keluarga sangat penting bagi setiap orang.

3. Supaya kita bisa menyelesaikan pekerjaan Bapa atas hidup kita.
Hidup itu jangka panjang karena hidup itu marathon oleh sebab itu kita harus perhatikan stamina hidup kita. Kita harus mengerti panggilan Tuhan dalam hidup kita supaya pekerjaan Bapa selesai atas hidup kita karena tidak semua pekerjaan bisa kita selesaikan. Kita harus berani berkata TIDAK apabila Tuhan tidak suruh untuk melakukannya. Kita harus mengerti apa keputusan kita hari ini apakah YA yang terbaik atau TIDAK yang terbaik.
Kita harus mengerti siapa dan apa dalam hidup kita? Apabila kita bisa mengelola diri kita sendiri dan mengelolah kasih dalam hubungan maka kita bisa di percayakan lebih lagi dalam hidup kita.

 

Note: ringkasan kotbah di sadur dari GBI Sudirman

Written by

Ps Philip Mantofa



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.