Orang Lain

Bookmark this
May 15, 2020 By Esther Idayanti, M.A.

ORANG LAIN

Setelah 16 tahun menikah, Marcia jatuh cinta pada pria lain. Marcia bekerja sebagai produser dan pernah menulis novel mengenai komitmen pernikahan. Pernikahannya tidak bermasalah, tetapi mendadak saja ia jatuh cinta pada pria lain di tengah rutinitas hidupnya. Untunglah ia tidak melanjutkan hubungan itu terlalu jauh, dan ia menuliskan kisahnya di Vogue untuk membantu pasangan lain.

Menurut John Gottman dalam bukunya The Marriage Clinic, walaupun perselingkuhan biasanya melibatkan seks, tetapi sebenarnya seks bukan tujuannya. Orang berselingkuh karena ia mencari persahabatan, dukungan, pengertian, validasi dan penerimaan yang tidak ia dapatkan dalam pernikahan. 

Bila ia memilih mengakhiri pernikahan karena mengejar "kebahagiaan", maka ia akan melukai banyak orang: pasangannya, keluarga, anak-anak, teman. Ia juga merusak nilai-nilai yang selama ini ia pegang teguh. Ia berpikir, cinta yang luar biasa ini akan membuatnya bahagia selamanya. Tetapi “cinta” yang sangat kuat ini tidak bertahan selamanya. Pada akhirnya ia akan melihat kekurangan kekasihnya, menghadapi hal-hal yang menjengkelkan, dan kenyataan yang tidak menyenangkan. "Mabuk kepayang” ini hanya bertahan 3 tahun saja. Bahkan "cinta" belakangan bisa berubah menjadi benci, karena ketika kemudian datang masalah, ia merasa selingkuhannya menjadi penyebab kehancuran rumah tangganya. 

Meninggalkan satu hubungan untuk membangun hubungan yang baru sebenarnya hanya menukarkan satu masalah dengan lainnya. Jadi sebaiknya, kuasai emosi dan perbaiki pernikahan Anda. Tidak ada orang yang sempurna (termasuk kita), karena itu tidak ada pernikahan yang sempurna. Kita tidak bisa menuntut pasangan untuk memenuhi seluruh kebutuhan emosional kita. Seperti juga kita tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan emosinya.

Pada akhirnya Marcia bercerita pada suaminya dan bertanya, “Apa kamu kasihan padaku?” Dijawab, “Aku kasihan padamu karena sebenarnya apa yang kamu butuhkan ada di sini, di hadapanmu.” (Esther Idayanti)

JANJI PERNIKAHAN ANDA JUSTRU MENJADI SANGAT PENTING DI SAAT-SAAT YANG PALING SULIT UNTUK MEMPERTAHANKAN PERNIKAHAN ANDA (Dave Willis)



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.