Penyesalan

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

“Mengapa dulu saya berbuat hal itu?” “Seharusnya saya tidak mengatakan hal itu padanya.” “Seharusnya saya berani mengambil kesempatan itu.” Kadang kita berbuat kesalahan yang merugikan diri sendiri atau menyakiti orang lain, lalu kita merasa bersalah dan sulit untuk melupakan hal itu. Akibatnya, kita merasa stres, rendah diri, hubungan menjadi renggang, singkatnya merasa tidak bahagia karena pikiran dipenuhi dengan hal-hal yang negatif tentang diri kita sendiri, maupun tentang peristiwa tersebut. Akhir tahun ini, merupakan saat yang baik untuk “move on” dan mengubur masa lalu, termasuk membuang rasa bersalah kita.

TERIMA KELEMAHAN. Semua manusia masih bisa berbuat kesalahan. Bahkan ketika kita berpikir bahwa kita lakukan yang terbaik, ternyata berakibat sebaliknya. Orang yang tidak bisa menerima kelemahannya adalah orang yang sombong, berpikir ia yang terbaik, bisa lakukan semuanya dengan sempurna tanpa berbuat kesalahan. Terima saja kenyataan bahwa kita manusia yang rentan berbuat kesalahan dan dosa. Jadi, minta maaf pada orang yang terluka, minta ampun pada Tuhan, lalu maafkan diri sendiri dan “move on.”

BICARA PADA DIRI SENDIRI. Tidak ada gunanya mengulang-ulang hal tersebut. Ketika pikiran Anda berkata, “Bodoh sekali aku! Seharusnya tidak kulakukan,” maka Anda akan merasa bersalah dan stres. Namun bila Anda ganti dengan, “Aku bisa lakukan yang lebih baik. Lain kali aku coba cara lain,” hal ini akan membangkitkan harapan Anda.

PELAJARAN. Hal baik mengenai penyesalan adalah kita mendapatkan kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri. Apalagi biasanya, dengan pengetahuan dan kemampuan yang kita miliki saat itu, kita pikir keputusan itu adalah yang terbaik. So, don’t regret the past. Just learn from it. (Esther Idayanti)

KEPUTUSAN YANG BIJAK DATANGNYA DARI PENGALAMAN. DAN PENGALAMAN DATANGNYA DARI KEPUTUSAN YANG BURUK. (Rita Mae Brown)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.