Predator

Bookmark this
March 16, 2020 By Esther Idayanti

Film Bombshell yang barusan beredar dibuat berdasarkan pengakuan beberapa wanita sukses di Fox News, yang mengalami perundungan seksual oleh bos stasiun televisi itu, Roger Ailes. Mengapa Roger Ailes bisa sejauh itu? Salah satu alasannya, karena para perempuan itu membiarkannya, sebab mereka mengincar karir yang dijanjikan.

Mengapa ada orang yang lolos sebagai predator, manipulator ulung, koruptor kelas kakap, pemimpin yang melenceng? Jawabnya, karena ada orang/pihak yang membiarkan, memungkinkan atau justru mendorongnya ("enabler"). Koruptor bisa terus beraksi, karena ada kelompok yang membuka jalan, sebab mereka juga menerima keuntungan. Mengapa ada pemimpin yang tidak masuk akal, menyebarkan kebencian, salah arah, tetapi banyak pengikutnya? Karena para pengikut terpikat iming-iming uang, kekuasaan, cinta, bahkan surga.

Para manipulator ini jago menemukan celah di mana orang tunduk padanya. Menurut Jennifer Latson, orang-orang yang rentan menjadi "enabler" adalah mereka yang tidak mengerti siapa diri mereka (tidak memiliki identitas yang kuat), sehingga mereka bergantung pada penerimaan/approval orang lain. Orang macam ini rentan untuk dimanipulasi. Mereka juga rentan membantu sang manipulator, karena merasa mendapatkan kekuasaan atau keuntungan lain.

Dalam film Bombshell itu sebenarnya ada rekan-rekan sekantor yang mengetahui pelecehan, tetapi tidak melaporkannya. Membiarkan berarti menjadi "enabler".

Memang tidak mudah melawan orang yang berkuasa. Pencegahannya adalah membekali diri dengan nilai-nilai yang luhur, supaya tidak tergoda iming-iming kekuasaan, harta dll. Sadari bahwa Anda (dan setiap orang) dicintai dan berharga di mata Tuhan, sehingga tidak boleh ada pelanggaran dan perundungan terhadap siapa pun. Laporkan atau cari dukungan untuk menghentikan. (Esther Idayanti)

ANDALAH YANG MENGAJAR BAGAIMANA ORANG MEMPERLAKUKAN ANDA DENGAN APA YANG ANDA BIARKAN, ANDA HENTIKAN, ATAU ANDA DORONG (Tony Gaskins)

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.