Prestasi Tanpa Kontribusi

Bookmark this
May 15, 2020 By Esther Idayanti, M.A.

Dalam kisahnya “The Palace Thief,” Ethan Canin menulis tentang Shutruk-Nahunte, seorang raja dari Elam (1184-1155 SM). Ia mengalahkan sebuah wilayah yang bernama Sippar dan mengangkut jarahan ke negaranya. Kerajaannya lumayan besar, tetapi ia dilupakan oleh sejarah. Menurut Ethan, pencapaian besar tanpa kontribusi tidak akan berarti. Maksudnya, entah seberapa tinggi atau hebatnya prestasi kita, kalau tidak berguna bagi orang lain, kemungkinan besar akan dilupakan orang.

Sebenarnya kita bekerja dan hidup bukan untuk dipuji. Tidak ada yang melihat pun tidak masalah. Tapi kita perlu memiliki pengertian yang tepat tentang hidup ini. Kehidupan yang berarti bukanlah menjadi kaya, terkenal, atau berpendidikan tinggi. Tetapi menjadi seorang yang rendah hati, berbagi kehidupan dengan sesama dan membawa perubahan nyata dalam kehidupan orang lain. Kontribusi membawa arti.

Kalau Anda ingin mendapatkan ketangguhan di tengah penderitaan, tolong orang lain, kata Victor Frankl. Victor selamat dari kamp konsentrasi Nazi dan menjadi psikiater kondang. Ia mengamati bahwa salah satu alasan mengapa orang bertahan dalam kamp konsentrasi adalah karena mereka menolong sesama tahanan, mempertahankan kemanusiaan.

Kalau Anda ingin menemukan tujuan hidup, layani orang lain. Sebuah studi menyatakan bahwa ketika seseorang melayani orang lain, baik melalui profesi mereka atau menjadi sukarelawan, maka ia memiliki “a sense of purpose” atau tujuan hidup. Tidak jarang orang menemukan sesuatu yang ia ingin lakukan dalam hidup ini, bahkan menemukan profesinya, setelah ia membantu orang lain.

Kalau Anda ingin bahagia, bantu orang lain, kata studi lain. Ketika kita menolong orang lain, baik itu memberi waktu, uang atau yang lain, kita akan merasa bahagia. Jadi sebenarnya, kunci kehidupan itu tidak rumit, hanya berbagi dan menolong orang lain. (Esther Idayanti)

KEHIDUPAN YANG BERARTI HANYALAH KEHIDUPAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MELAYANI ORANG LAIN (Albert Einstein)



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.