Putus Sambung

Bookmark this
May 15, 2020 By Esther Idayanti, M.A.

PUTUS SAMBUNG

Salah satu selebriti yang paling sering pacaran putus sambung adalah Selena Gomez dan Justin Bieber, walaupun Justin kemudian menikah dengan orang lain. Mengapa orang putus sambung? Bagaimana mencegah kegagalan yang kesekian kalinya? Menurut Henry Cloud, ada hal yang perlu kita perhatikan sebelum kita kembali menjalin hubungan dengan mantan. Prinsip yang sama dapat diterapkan juga bila kita ingin kembali pada bisnis lama atau mengusahakan sesuatu di mana kita pernah gagal.

APAKAH SAYA SUDAH BERUBAH? Setiap hubungan selalu ditentukan oleh dua orang, bisa jadi hubungan tidak lancar gara-gara saya. Atau bisnis tidak bisa berkembang karena kita tidak punya pengetahuan yang dibutuhkan. Sebelum saya berubah, maka saya akan menghadapi masalah yang sama, dan kemungkinan akan gagal lagi. Elizabeth Taylor menikah 8 kali, 2 kali di antaranya dengan orang yang sama. Bisa jadi karena ia belum berubah.

APAKAH DIA SUDAH BERUBAH? Bila masalahnya ada pada “dia”, tidak ada gunanya kembali menjalin hubungan kalau dia belum berubah. Apakah Anda kembali ke hubungan lama karena kesepian dan tidak ada pilihan lain? Apakah Anda kembali membuka bisnis lama karena malas usaha yang lain? Kembali ke hubungan yang lama atau kembali pada bisnis yang pernah bangkrut hanya berhasil bila “sumber masalah” sudah ditemukan dan sudah dilakukan perubahan.

APAKAH KEADAAN SUDAH BERUBAH? Mungkin hubungan tidak bisa berjalan karena keadaan tidak memungkinkan, contohnya LDR (hubungan jarak jauh), beda keyakinan dll. Atau bisnis mengalami kesulitan karena keadaan tak terduga seperti masa Covid-19 ini. Tetapi bila keadaan sudah berubah, maka kita bisa mencoba kembali. Kalau keadaan belum berubah dan kita ngotot mempertahankan dengan cara lama, maka kita akan menabrak tembok yang sama. (Esther Idayanti)

PERUBAHAN MEMBUTUHKAN KEBERANIAN.



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.