Remuk

Bookmark this
February 26, 2019 By Ps Andy Tjokro

REMUK
Ayat : Mazmur 51:18-19

REMUK : hancur luluh lantak ; hancur berkeping – keping. Remuk redam : Hancur saam sekali ; Remuk rangsa (merasa) sangat celaka, sangat sengsara. 

Yohanes Pembaptis di satu titik kehidupannya mengalami REMUK dalam hidupnya, ketika di dalam penjara meskipun Yohanes di pakai Tuhan sebagai orang yang berseru – seru di padang gurun. Pauluspun mengalami REMUK dalam hidupnya di mana Paulus berkata biarlah Engkau cabut duri dalam daging. Tuhan Yesus mengalami REMUK dalam hidupNya di mana Dia di tinggal oleh BapaNya dengan berkata Bapa, Bapa mengapa Engkau meninggalkan Aku?.

Dalam kehidupan kita, ada masa kita sebagai anak Tuhan akan melewati proses REMUK namun kita tidak perlu takut karena pada waktu kita mengalami REMUK dalam hidup kita, kedepannya Tuhan akan pakai kita dalam kemuliaanNya.
Proses REMUK seringkali Tuhan ijinkan kepada anak – anakNya. Dunia tidak akan memandang / memakai orang yang tidak kompeten, tapi Tuhan memakai orang yang terbuang, orang yang remuk hatinya.

MZM 51:18-19 Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; sekiranya kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya. Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah

Banyak orang Kristen tidak suka akan proses REMUK. Proses REMUK adalah satu cara Tuhan untuk kita lihat lebih lagi dari yang sekarang ini.
Ayub adalah orang yang tidak punya salah, karena alkitab mencatat dia saleh, takut akan Tuhan, namun Ayub mengalami proses REMUK dalam hidupnya (Ayub 6:9-13). Pada akhirnya Ayub mengakui Tuhan setelah peristiwa proses REMUK dalam Ayub 42: 2 “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

Yesaya 57:15 Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: “Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.

Proses REMUK baik bagi kita supaya kita tetap rendah hati dan memiliki hati yang murni. Sebuah logam untuk menjadi karya yang maha indah maka harus melewati proses yang namanya REMUK yaitu di bakar dalam api yang panas.

Pengurapan akan terjadi jika ada botol yang di remukan / di pecahkan seperti yang di lakukan oleh Maria ketika mengurapi Tuhan Yesus.
Markus 14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.

Musa mengalami proses REMUK karena menjadi buronan sehingga bekerja menjadi gembala selama 40 tahun, ketika melewati proses REMUK Musa di pakai Tuhan membawa bangsa Israel keluar dari Mesir.
Yusuf mengalami proses REMUK selama 13 tahun sebagai budak di Mesir sebelum menjadi orang nomor 2 di Mesir.

Salah satu proses REMUK yang harus di lewati adalah melepaskan pengampunan karena tanpa melepaskan pengampunan, Tuhan tidak akan berkenan kepada kita dan kita tidak akan di pakai oleh Tuhan lebih lagi.

 

Ringkasan Khotbah diambil dari GBI Sudirman

Written by

Ps Andy Tjokro



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.