Satu Tahun

Bookmark this
January 28, 2020 By Esther Idayanti

Bagi seorang pemimpin, satu tahun waktu yang sangat singkat untuk melakukan perubahan. Tetapi B.J. Habibie menoreh prestasi yang membelokkan arah bangsa ini. Satu tahun cukup, karena Pak Habibie berpikir dengan tepat. Kepemimpinan sebenarnya adalah tentang cara berpikir.

BERPIKIR MAJU. B.J. Habibie adalah orang yang lebih maju dari zamannya. Ketika orang belum berpikir soal pesawat, ia sudah memulainya. Ketika orang masih berpikir data analog, ia membangun telekomunikasi digital. Seorang pemimpin tidak hanya menyelesaikan masalah hari ini, tetapi juga menyelesaikan masalah masa depan, walaupun masa depan belum tiba.

BERPIKIR LUAS. Pembentukan partai-partai, pemberian otonomi daerah, penghapusan Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia (SKBRI) dan sebutan "pribumi - non pribumi" telah membongkar sistem orde lama yang sempit dan membatasi ruang gerak masyarakat dan pihak yang sebenarnya dapat berkontribusi bagi bangsa ini. Pemimpin yang percaya diri membuka kesempatan, pemimpin yang "insecure" membatasi keterlibatan orang lain

BERPIKIR PEDULI. Jarang ada pemimpin yang menyatakan sisi perasaan dan kemanusiaannya dengan terus terang seperti Pak Habibie. Biasanya pemimpin terlihat tegas, kadang keras, dan di dunia kerja pemimpin tidak diharapkan menyatakan emosinya. Tetapi Pak Habibie tidak segan menyatakan cinta dan komitmennya pada Ibu Ainun, sisi lembut yang membuat kita merasa dekat dengan beliau.

Alm. Bp. Habibie merangkum prinsip kepemimpinan "Leadership is based on inspiration, not domination; on cooperation, not intimidation." Beliau mengadakan perubahan melalui inspirasi, bukan dominasi dan intimidasi. Dan yang terpenting, di tengah situasi yang genting dan terdesak saat itu, beliau dapat membuat keputusan-keputusan yang tepat. Kita bersyukur Indonesia pernah memiliki pemimpin dan negarawan seperti beliau (Esther Idayanti).

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.