Tangguh

Bookmark this
August 13, 2019 By Esther Idayanti, M.A.

Lulus dari Harvard Law School merupakan kebanggaan, apalagi untuk seorang yang buta dan tuli seperti Haben Girma (31 tahun). Ia adalah perempuan buta tuli pertama yang lulus dari Harvard Law School. Haben telah menulis buku dan menjadi pembicara di berbagai kesempatan. Tetapi usahanya yang terbesar saat ini adalah menjadi pengacara untuk membuka kesempatan bagi orang-orang dengan keterbatasan.

JANGAN MENGASIHANI DIRI. Walaupun kasusnya memang luar biasa, tetapi Haben tidak ingin dikatakan sebagai seseorang yang memberi inspirasi. Ia berkata, “Beberapa orang mengatakan hal itu karena merasa kasihan, ‘Kamu sangat menginspirasi,’ tetapi mereka berpikir, “Untung aku tidak punya masalah sepertimu.’” Haben berhasil karena ia tidak mengasihani diri, merasa nasibnya malang, lalu bergantung pada orang lain sepenuhnya, tanpa melakukan apa-apa. Ia berkata, “Saya sadar bahwa saya perlu mengambil tanggung jawab untuk pendidikan saya.” Dalam keadaan apapun, dan di tengah kemalangan seperti apapun, kita tetap perlu mengambil tanggung jawab untuk melakukan yang terbaik yang kita bisa lakukan.

MELIHAT KESEMPATAN DALAM KESEMPITAN. Haben telah bertemu mantan Presiden Obama, PM Justin Trudeau, Angela Merkel, dan mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satu judul talkshow-nya “Mengapa kecacatan adalah sebuah aset.” Dapatkah kita melihat tantangan dan kesulitan sebagai kesempatan untuk membawa pengaruh dan inspirasi?

TERUS BERJUANG. Tidak mudah kuliah sebagai orang buta tuli. Hal yang sederhana seperti makan di cafetaria kampus bisa jadi masalah, karena ia tidak bisa melihat dan memilih makanannya. Beberapa hal memang lebih sulit, tetapi bukannya tidak mungkin dilakukan. Semakin sulit sesuatu, semakin besar “hadiah” yang kita dapatkan bila hal itu terwujud. Selamat berjuang! (Esther Idayanti)

KARYA YANG BESAR TIDAK DIWUJUDKAN DENGAN KEKUATAN, MELAINKAN DENGAN KETEKUNAN.



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.