Teman

Bookmark this
February 11, 2020 By Esther Idayanti

Sebuah pepatah mengatakan, “Show me your friends, and I’ll show you your future,” masa depan seseorang bisa dilihat dari dengan siapa ia berteman saat ini. Sebagai makhluk sosial, kita merindukan penerimaan dari orang lain, karena itu kita cenderung mengikuti teman-teman kita supaya diterima. Kita lakukan apa yang mereka lakukan, membeli barang yang mereka sarankan, melakukan hobi dan "hang out" di tempat favorit mereka.

TEMAN & KESEHATAN. Nicholas Christakis and James Fowler adalah peneliti di bidang kesehatan yang menemukan bahwa bila teman-teman Anda kelebihan berat badan, maka kemungkinan Anda untuk menjadi gemuk adalah sebesar 45% dalam jangka waktu 2 - 4 tahun. Bila teman Anda merokok, maka kemungkinan Anda menjadi perokok naik hingga 61%. Bukan hanya kesehatan fisik, persahabatan juga menentukan kesehatan mental. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kalau kita memiliki teman yang bahagia, maka kemungkinan kita untuk bahagia naik hingga 15%.

TEMAN & KARAKTER. Ada seseorang yang mengatakan, kalau Anda merasa tidak pasti dan ingin mengetahui karakter seseorang, lihat saja teman-teman terdekatnya.

TEMAN & MASA DEPAN. Teman menentukan apakah kita akan berjuang meraih tujuan, atau bersantai mengikuti arus. Teman yang baik akan menantang Anda, bukan hanya dengan perkataan, melainkan dengan teladan hidupnya.

TETAPKAN TEMAN ANDA. Cari teman-teman yang berkualitas. Kadang lebih baik sendiri, daripada berada dalam kelompok pertemanan yang buruk. Memang kita perlu berteman dan ramah dengan semua orang. Tetapi tetapkan batasan, siapa yang dapat mempengaruhi kita. Bila perlu, kalau Anda merasa ingin mengasah suatu ketrampilan atau sikap, carilah seorang teman yang dapat mendukung Anda mengembangkan hal itu. Teman Anda adalah aset Anda. (Esther Idayanti)

ANDA ADALAH RATA-RATA DARI LIMA ORANG YANG SERING BERSAMA ANDA.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.