Terbaik

Bookmark this
July 02, 2019 By ESther Idayanti, M.A.

Tahun 1644 ada seorang anak lahir dalam keluarga yang biasa-biasa saja, dan setelah beranjak dewasa ia memulai karirnya sebagai pembuat alat musik. Ia hanya menggunakan alat-alat yang sangat sederhana, tetapi setiap hari ia fokus untuk memberikan yang terbaik dari tenaga dan pikirannya untuk pekerjaannya. Di akhir setiap proses, ia memberi tanda tangan pada alat musik yang dibuatnya, “Stadivarius.” Tanda tangan itu hanya ditulis pada alat musik yang menurutnya telah lulus standar keunggulan yang ia tetapkan.

Saat ini, 350 tahun kemudian, biola Stadivarius menjadi incaran para kolektor dan pemain biola profesional. Harga sebuah biola buatan Antonio Stadivari mencapai US$ 15 juta (Rp. 200 milyar) dan menjadi pemecah rekor alat musik termahal ketika salah satu biolanya dilelang US$ 45 juta. Menurut para peneliti, suara biola Stadivarius mirip dengan suara soprano perempuan. Joseph Nagyvary, seorang profesor di Texas A&M University meneliti biola ini supaya ia dapat mengajar para pembuat biola modern meniru apa yang dibuat oleh Antonio Stadivari ratusan tahun lalu dengan alat-alat yang primitif. 

Antonio tidak tahu bahwa biolanya dijual dengan harga selangit. Ia hanya tahu bahwa ia harus melakukan yang terbaik setiap hari. Keunggulan (excellence) menjadi tujuannya. 

Biasanya seseorang melakukan yang terbaik bila atasan memantau. Tetapi ujian yang sebenarnya adalah, apakah kita tetap melakukan yang terbaik bahkan bila tidak ada seorang pun yang melihat, dan kita tidak akan dinilai. Atau, apakah hasil kerja kita tergantung siapa yang memantau, dan siapa yang kita layani, orang penting atau orang biasa? Keunggulan bukanlah “mood” dalam bekerja, kadang naik kadang turun. Keunggulan adalah sebuah sikap dan pandangan tentang hidup dan karir. Siapa yang sebenarnya kita layani? Bukan atasan, bukan pelanggan, tetapi Tuhan. (Esther Idayanti) 

APAPUN JUGA YANG KAMU PERBUAT, PERBUATLAH DENGAN SEGENAP HATIMU SEPERTI UNTUK TUHAN DAN BUKAN UNTUK MANUSIA. (Paul the Apostle)



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.