The Mortality Factor

Bookmark this
March 17, 2020 By Esther Idayanti

Banyak kualitas yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, seperti visi, ketegasan, dll. Tetapi ada satu kualitas yang ternyata membuat kinerja seorang pemimpin jauh di atas yang lainnya, yaitu moralitas. Sebuah riset kepemimpinan dari tahun 1970 hingga 2018 menunjukkan bahwa pemimpin yang memprioritaskan moralitas meningkatkan kinerja organisasi karena tingkat pertukaran pekerja lebih kecil, para karyawan lebih kreatif, proaktif, terlibat dan merasa puas. Para pemimpin ini lebih efektif karena ia dipercaya.

Penelitian yang mirip dilakukan oleh Taya R. Cohen, untuk melihat karyawan macam apa yang akan bekerja keras dan memberikan kinerja yang baik bagi perusahaan. Banyak manajer saat wawancara menekankan kemampuan dan pengalaman kerja, padahal faktor yang lebih penting adalah: kejujuran-rendah hati, hati nurani dan kesensitifan terhadap rasa bersalah (“guilt proneness”), yang membuat seseorang merasa tertegur bila ia melakukan hal yang buruk, berupaya tidak mengulanginya dan berusaha untuk senantiasa melakukan hal yang benar.

Sayangnya, banyak orang berpikir bahwa kalau ia menerapkan hal ini, maka ia akan tertinggal, karena rekan lain memilih jalan pintas untuk mendapatkan posisi dan keuntungan. Apakah benar demikian? Memang bisa jadi tertinggal secara material. Tetapi apakah itu hal terpenting dalam hidup? Bagaimana dengan kedamaian dan kebanggan diri? Kata orang India, hati nurani itu seperti sebuah segitiga yang berdiri di atas dasarnya. Tetapi bila kita melanggar hati nurani, maka segitiga itu akan berdiri terbalik sehingga ujungnya akan menyakiti kita.

Sebuah pertanyaan, ketika kita hendak melakukan sesuatu yang melanggar hati nurani, apa yang pertama kali tersirat: "Apakah aku akan ketahuan?" Atau "Apakah aku bisa hidup dengan hati nurani yang bersih setelah ini?" (Esther Idayanti)

TIDAK ADA BANTAL SEEMPUK HATI NURANI YANG BERSIH.

Written by

Esther Idayanti



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.