Tidak Perlu Marah

Bookmark this
May 15, 2020 By Esther Idayanti, M.A.

Dalam jamuan makan malam, Winston Churchill duduk di sebelah Lady Astor anggota parlemen yang dikenal cukup keras. Ia marah pada Churchill dan berkata, "Mr. Churchill, kalau saya jadi isterimu, saya akan taruh racun di kopimu." Lady Astor berharap Churchill akan marah, karena itu tujuannya, tetapi ternyata jawabannya di luar dugaan, "Madam, kalau saya menikah dengan Anda, saya akan minum kopinya." Aha..! Jawaban tanpa marah. Memang sebaiknya kita tidak perlu marah, apalagi bila tidak tepat:

1. Tidak perlu marah BILA ANDA DISINGGUNG/ DISINDIR. Bila Anda marah saat disindir, Anda telah terpancing dan secara tidak langsung berkata sindiran itu ada kaitannya dengan Anda. Bila sekedar perkataan kosong, lebih baik Anda lewatkan saja, atau seperti Churchill, sambung dengan humor. Laugh at yourself!

2. Tidak perlu marah bila ada PERBEDAAN PENDAPAT. Perbedaan pendapat biasanya karena perbedaan sudut pandang atau selera. Penyelesaiannya komunikasi yang efektif, atau terima saja kenyataan bahwa Anda berbeda (agree to disagree).

3. Tidak boleh marah bila dasarnya KEBENCIAN. Biasanya orang marah karena ada hal yang dirasa tidak tepat, dan tujuan marah sebenarnya adalah untuk meluruskan dan memperbaiki sesuatu dengan kasih. Seperti kita marah pada anak kita untuk membuat mereka menjadi lebih baik. Tetapi kemarahan yang dilandasi kebencian sudah masuk dalam kategori "dosa".

4. Tidak boleh marah bila TIDAK BISA MENGUASAI DIRI. Marah boleh, asal Anda tetap menguasai diri. Seseorang yang marah tak terkendali contohnya: memaki, berteriak, memukul, melempar benda, mendiamkan berhari-hari, memfitnah dll. 

Apa ada alternatif untuk marah yang tidak tepat? Banyak! Diam saja, gigit bibir, balik badan, masuk ke toilet cuci muka, hitung hingga 100, atau cari es krim untuk mendinginkan kepala! (Esther Idayanti)

ORANG YANG KUAT ADALAH IA YANG DAPAT MENGONTROL DIRINYA SAAT MARAH.



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.