When Life Gets Tough : Burnout

Bookmark this
February 16, 2019 By Ps Jose Carol

When Life Gets Tough: Burnout


Ada seorang pengemudi dari perusahaan ekspedisi yang membawa burung dara. Ditengah-tengah perjalanan, sang pengemudi harus berhenti beberapa kali dan memukul-mukul kurungan burung dara itu dengan sebilah bambu. Di belakang truk itu ada sebuah mobil yang merasa terganggu dan akhirnya karena kesal, dia bertanya kepada sang pengemudi kenapa dia harus berhenti beberapa kali dan memukul-mukul kurungan itu dengan bambu?

Jawaban sang pengemudi adalah "saya membawa muatan burung dara seberat 2 ton. Sedangkan kapasitas truk saya hanya 1 ton. Jadi saya memukul-mukul kurungan itu agar setengah dari burung dara itu terbang melayang di kurungan agar tidak membebani berat truk saya"

Mungkin saya dan Anda berada di dalam posisi pengemudi truk tersebut. Kita stress karena overloaded. Waktu adalah hal yang sangat berharga, khususnya untuk mereka yang tinggal di kota-kota besar. Akibatnya, kecepatan hidup kita semakin lama semakin cepat tanpa kita sadari. Setiap orang berusaha mengirit waktu.

Stress adalah penyakit berbahaya terbesar di abad ini. Bahkan lebih 90% mereka yang mengalami Burnout Syndrome, mereka tidak pernah menyadari bahwa mereka stress / overloaded hingga pada saatnya mereka harus benar-benar give up. Mari kita lihat di Alkitab apa yang harus kita lakukan kalau kita dalam keadaan sepert ini.

Matius 11: 28 - 30 BIS
11:28 Datanglah kepada-Ku kamu semua yang lelah, dan merasakan beratnya beban; Aku akan menyegarkan kamu.
11:29 Ikutlah perintah-Ku dan belajarlah daripada-Ku. Sebab Aku ini lemah lembut dan rendah hati, maka kamu akan merasa segar.
11:30 Karena perintah-perintah-Ku menyenangkan, dan beban yang Kutanggungkan atasmu ringan."

Menarik sekali perikop ini, karena banyak orang datang kepada Yesus dengan berbagai motivasi.
Ada yang datang karena mereka butuh jawaban akan kehidupan.
Ada yang datang karena mereka butuh kesembuhan.
Ada yang datang karena mereka butuh pengampunan.
Ada yang datang karena mereka butuh keselamatan dan kehidupan yang kekal.
Ada yang datang karena mereka butuh pasangan hidup.

Disini menarik sekali bahwa Yesus mengatakan bahwa kita bisa datang kepadanya untuk kelegaan / beristirahat / rest. Pertanyaannya, ketika Anda stress / lelah, kemana Anda pergi? Ada orang yang lari ke makanan. Ada yang ke rokok. Ada yang lari ke minuman.

Yesaya 40 : 29 & 31
40:29 Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.
40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Kalimat ini dimulai dengan kata Dia. Maksudnya adalah Tuhan. Yesus. Dialah satu-satunya yang bisa memberikan kelegaan kepada Anda. Dan untuk semua yang datang kepada Yesus akan diberikan kelegaan. Perhatikan bahwa ketika Yesus berkata "Datanglah kepadaku." ... Yang dimaksudkan adalah bukan program seperti time management, stress management, dia tidak menyuruh untuk pergi ke seminar-seminar, Dia tidak menyuruh Anda untuk mengatur stress Anda. Bahkan Yesus pun tidak berkata "Datanglah ke gereja / ke komsel / Alkitab ketika Anda lelah dan stress." tetapi datanglah kepadaNya.

Kalau selama ini Anda berkata bahwa Anda stress dan Anda butuh break untuk mengembalikan fokus Anda. Anda butuh liburan. Anda mau mengatur ulang waktu Anda. Anda mau mengatur ulang manajemen Anda. Anda bisa lakukan itu semua. Tetapi, Alkitab tidak menjanjikan kalau Anda melakukan itu semua, Anda akan mendapatkan kelegaan.

Bagaimana cara kita datang kepada Yesus?
1. Matius 6:6 Message Bible "Here's what I want you to do: Find a quiet, secluded place so you won't be tempted to role-play before God. Just be there as simply and honestly as you can manage. The focus will shift from you to God, and you will begin to sense his grace."

Kalau Anda merasa Anda perlu datang kepada Tuhan. Anda perlu mencari tempat tanpa topeng, tanpa memainkan peran untuk bisa dilihat oleh orang lain. Anda perlu mencari tempat ini.

2. Mazmur 46 : 10 ""Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!"

Anda perlu diam dan tenang. Kapan terakhir kalinya Anda di tempat dimana tidak ada suara sama sekali? Tidak ada sms / bbm, tidak ada TV, tidak ada musik, semuanya sunyi, hanya Anda dan Tuhan? Kapan Anda terakhir kalinya Anda diam dan mendengar Tuhan berkata "Akulah Tuhan! Datanglah kepadaKu."

3. Matius 11:29 "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan."

Rahasia untuk mengatasi stress management sebelum dunia temukan, Yesus sudah menemukannya. Sebelum dunia mengajarkan tentang stress management, Yesus sudah mengajarkannya 2ribu tahun lalu. Apakah Anda tahu apa itu kuk? Kuk adalah kebersamaan.

Ketika beban Anda terlalu berat. Maka Yesus akan memikul kuk Anda juga. Alasan kenapa Anda stress adalah bisa jadi karena Anda berjalan terlalu cepat, atau Anda berjalan terlalu lambat. Jadi ketika Yesus menawarkan Kuk-nya kepada Anda. Anda sedang menyamakan kecepatan Anda denganNya. Dan sialnya, Anda juga pergi ke tempat yang tidak perlu Anda pergi.

Mazmur 55:22 "Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah." >> Percayalah ketika Anda mengambil kuk bersama Yesus, bukan beban Yesus yang ada di pundakmu, tetapi bebanmulah yang ada di pundak Dia.

Kita sebagai orang tua, tidak kurang waktu dalam menjaga anak-anak kita. Tetapi seringkali kita merasa stress dan lelah. Yang anak-anak kita butuhkan bukan waktu lebih. Tetapi less stress out.

 

Ps Jose Carol | JPCC
Ps Jose Carol | JPCC

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan: Artikel di ambil dari Rangkuman Khotbah

Written by

Ps Jose Carol



 

Mengunduh Artikel

Anda dapat mengunduh artikel yang anda tulis disini untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Tulisan anda harus sesuai dengan norma norma dengan ajaran Kristus.